Manfaat Jamur Enoki (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Jamur enoki atau enokitake merupakan jenis jamur yang aman dikonsumsi dan memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Jamur ini berbentuk menyerupai lidi yang bertopi atau seperti tauge berwarna putih kekuningan. Enoki memiliki nama latin Flammulina velutipes dan banyak dibudidayakan di Asia.

Selain diolah menjadi berbagai jenis masakan, jamur enoki sudah sejak lama digunakan untuk keperluan pengobatan, terutama di Cina. Makanan ini kaya akan serat dan rendah lemak, sehingga cocok untuk dimasukkan dalam menu diet harian. 


Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan Tubuh

Karena kandungan nutrisinya yang melimpah, enoki tak hanya dijadikan hidangan yang lezat, namun juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, antara lain:

1. Mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas

Jamur enoki mengandung antioksidan tinggi yang dapat mencegah efek buruk radikal bebas. Kandungan Antioksidan ergothioneine dalam jamur ini diduga mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan hiperpigmentasi.

2. Menurunkan kadar kolesterol darah

Jamur enoki mengandung banyak serat yang dapat mempercepat penguraian kolesterol, sehingga mengurangi kadar trigliserida, kolesterol total, lemak jahat atau LDL, dan pengeluaran kolesterol pada feses.

3. Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi jamur enoki diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol darah. Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol dalam darah menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam jamur enoki juga dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis , yaitu penumpukan plak lemak di pembuluh darah arteri yang menjadi penyebab umum penyakit jantung.

4. Menghambat perkembangan sel kanker

Jamur enoki memiliki zat antikanker bernama flammulin dan proflamin yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, salah satunya kanker payudara dan kanker serviks.