BMKG Makassar Imbau Warga Waspada Angin Kencang

Prakirawan BMKG Makassar, Nur Asia Utami - (foto by Ariani)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem akan terjadi dalam rentang waktu antara 10-15 Januari 2020. Sulawesi bagian selatan pun diprediksi akan terdampak hujan dengan intensitas tinggi hingga ekstrem tersebut.

Prakirawan BMKG wilayah IV Makassar, Nur Asia Utami mengatakan, Januari 2020 merupakan puncak musim hujan di beberapa wilayah di Sulawesi Selatan khususnya pesisir Barat. Termasuk wilayah Kota Makassar, Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Parepare dan Pinrang.

"Wilayah tersebut pun berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang dengan periode hujan bisa sepanjang hari," kata Cea sapaan akrabnya kepada CELEBESMEDIA.ID, Senin (6/1/2020).

Cea menyebut kondisi ini terjadi karena dipengaruhi aliran udara basah dari Timur Afrika. Pergerakan aliran udara basah ini pun akan berlanjut pada akhir Januari hingga pertengahan Februari 2020.

Ia pun menghimbau agar masyarakat khususnya Sulsel mewaspadai potensi hujan ekstrem tersebut. Menurutnya, masyarakat harus mempersiapkan segala sesuatu sebagai antisipasi kemungkinan bencana yang berpotensi terjadi.

"Untuk masyarakat kami himbau untuk lebih berhati-hati dengan kondisi tersebut, sebaiknya menghindari area pantai, pohon besar, dan antisipasi terhadap terjadinya banjir atau genangan," terangnya.