Angka Stunting di Luwu Turun Hingga 9,38 Persen

Hayarna Hakim - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Luwu - Pemkab Luwu bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu memberikan aksi nyata kepedulian pemerintah lewat Dinas Ketahanan Pangan, Pemerintah Kecamatan dan Kepala Desa.

Ketua TP PKK Luwu, Hj Hayarna Basmin mengatakan aksi Pemkab Luwu bersama Tim penggerak PKK dalam menangani stunting/gizi buruk yakni dengan menyalurkan pangan untuk warga yang terdata terindikasi Stunting, salah satunya dilakukan di Desa Olang, Kecamatan Ponrang Selatan. 

“Kami tidak sulit untuk melakukan aksi karena data sudah tersedia, di Kabupaten Luwu ini sudah ada kecamatan yang zero stunting yaitu Kecamatan Belopa Utara,” kata Hayarna, Selasa (27/6/2023).

Lanjut Hayarna, perubahan angka stunting di Luwu dari pertama sangat tinggi, yakni angka 26,7 persen sekarang sudah 9,38 persen.

“Komitmen untuk berbuat lebih banyak aksi kami dari waktu yang ada, kadang kami pulang pukul 21.00 Wita langsung menyusun program untuk besok demi penanganan stunting,” ucap Hayarna. 

Menurut Hayarna dalam menangani stunting di Luwu pelibatan semua pihak ikut serta sehingga penanganannya berjalan baik.

“Kami dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Luwu melalui Pokja III setelah merampung data kelompok dasawisma yang ada sesuai sistem informasi manajemen, Alhamdulillah berangsur-angsur faham bahwa masalah stunting secara konprehensif tertangani seperti penurunan angka stunting, pola asuh anak, bagaimana tumbuh kembang anak dan  pembangunan karakter,” ujar Hayarna.

Selain itu, aksi yang dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi dengan menanam Tumbuhan Kelor dan memberikan pangan dengan bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Luwu.

“Melalui sosialisasi kami lakukan pula pemberian pangan lokal termasuk mengimbau untuk melakukan aksi serentak menanam Pohon Kelor agar tumbuh kembang anak supaya tetap sehat,” tutur Hayarna. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Luwu, Ruslan mengatakan sesuai data tahun 2022 pihaknya menangani 18 balita Gizi buruk dan tahun tahun 2023 tahap pertama sebanyak 15 Balita.

“Yang kami salurkan berupa beras merah, beras merah, telur ayam, telur bebek, susu untuk balita dan biskuit untuk balita,” jelas Ruslan.