Hargai Perbedaan, Masjid Cheng Hoo Gelar Salat Idul Adha 2 Kali

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Masjid Muhammad Cheng Hoo Gowa menggelar 2 kali salat Idul Adha di hari yang berbeda. 

Salat Idul Adha pertama digelar Rabu (28/6) kemarin. Pelaksanaan kedua pada Kamis (29/6).

Pelaksanaan dua kali salat Idul Adha ini  untuk memfasilitasi jemaah yang berbarengan dengan Muhammadiyah maupun yang berbarengan dengan pemerintah.

Perbedaan ini karena adanya metode penentuan 1 Dzulhijjah yang berbeda, ada yang menggunakan metode rukyatul hilal dan juga ada yang menggunakan metode hisab.

Sekertaris Takmir Masjid Muhammad Cheng Hoo Gowa, Abdul Halim mengungkapkan bahwa pihak pengurus masjid dan pihak yayasan telah sepakat melaksanakan dua kali salat Idul Adha

"Pada tahun ini kita dari pihak Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Sulsel bersama pengurus Takmir Masjid Muhammad Cheng Hoo, bermusyawarah agar bisa mengakomodir masyarakat atau jemaah kita yang memang berbeda," jelasnya.

Ia berharap agar kedepannya sikap toleransi dan sikap menghargai perbedaan dapat senantiasa diterapkan secara terus menerus oleh pihak masjid Muhammad Cheng Hoo Gowa demi persatuan umat.

"Harapan kita kedepannya, mudah-mudahan apa yang sudah kita lakukan dengan sangat baik ini, itu terus kita jaga, dan kita lestarikan, demi untuk persatuan, dan bagaimana umat kita ini bisa bersama-sama merayakan hari raya baik idul fitri maupun idul adha di masjid Muhammad Cheng Hoo Gowa," pungkasnya.

Laporan : Riski