Jubir Covid-19 Kemenkes RI: Jangan Khawatir, Vaksin Terbaik yang Tersedia di Indonesia Saat Ini

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi - (foto by: Antara)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan Emergency Use Authorization’ (EUA) terhadap tujuh jenis vaksin Covid-19 di Indonesia sejak Januari 2021 hingga saat ini.

Jenis vaksin yang sudah mendapat EUA dari BPOM yakni Sinovac, vaksin Covi-19 PT Bio Farma, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer dan Sputnik V.

Mengacu pada hal tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menegaskan vaksin Covid-19 terbaik adalah yang tersedia saat ini di Indonesia.

“Masyarakat diimbau agar apapun jenis vaksinnya, ingat tidak usah khawatir karena pasti sudah dijamin keamanannya, mutu dan kualitasnya serta efektivitasnya,” kata Siti Nadia Tarmizi seperti yang dilansir dari Antranews.com.

Meski dalam proses pembuatan vaksin memiliki perbedaan platform seperti inactivated virus, berbasis RNA, viral-vector, dan sub-unit protein, kata Nadia, namun semuanya sudah dipastikan keamanannya dalam efektivitasnya dalam melindungi penerima manfaat dari kondisi kesekitan bahkan kemantian akibat Covid-19.

Berdasarkan data Kemenkes RI hingga Rabu (1/9/2021) total 144 juta dosis vaksin telah didistribusikan kepada pemerintah daerah. Sementara sejak Agustus 2021, laju sintikan di Indonesia meningkat hingga 1 juta per hari. Bahkan pernah mencapai angka 1,7 juta dosis penyuntikan per hari.