Bahayakan Pengendara, Jalan Rusak di Antang Belum Diperbaiki

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kondisi Jalan Antang Raya, Kecamatan Manggala, Kota Makassar rusak parah. Apalagi saat hujan sangat membahayakan bagi pengendara.

Dari pantauan CELEBESMEDIA.ID di lokasi pukul 08.30 Wita, jalan rusak mulai dari pertigaan ujung Jl Bori Raya hingga perempatan Jl Baruga Raya atau mencapai sepanjang satu kilometer.

Ukuran lubang mulai diameter kecil hingga besar terbentang di tengah jalan bagian sisi kiri dari persimpangan ujung Jl Bori Raya menuju Jl Baruga Raya.

Kerusakan parah terjadi di depan Misi Pasaraya. Meski, telah ditimbun menggunakan pasir dan batu, namun kondisi jalan malah makin membahayakan pengendara.

Akibatnya, sejumlah kendaraan yang melintas harus mengurangi kecepatan. Tidak sedikitpun kendaraan roda dua nyaris terjatuh saat melintasi jalan rusak.

Tidak sampai disitu, tepatnya di depan sepanjang kawasan bisnis Antang, lubang jalan masih terlihat di beberapa titik. Ditambah, persimpangan Jl Baruga Raya sering macet hingga 200 meter.

Salah satu warga Jl Antang Raya, Tahir (40) mengatakan kerusakan sudah berlangsung setahun lebih. Bahkan kondisi ini kerap mengakibatkan kemacetan panjang.

"Agak lama mi, kurang lebih satu tahun ini jalan rusak. Biasa lagi macet, apalagi kalau jam pergi kerja atau pulang kerja bisa sampai malam," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID saat ditemui di lokasi, Selasa (9/5/2023).

Tahir menyebut, sudah banyak korban yang terjatuh saat melintasi jalan rusak, bahkan meninggal dunia. Terutama, di depan Misi Pasaraya.

"Kalau korban sudah pasti banyak, hampir dibilang tiap hari, ada mi lagi pernah meninggal," ungkapnya.

Perbaikan jalan rusak ini disebutnya, sudah pernah dilakukan. Namun, perbaikan hanya sekedar penimbunan dari bekas bangunan rumah, serta beberapa timbunan dari swadaya Masyarakat.

"Pernah ji di perbaiki, tapi itupun dari timbunan bangunan rumah yang sudah dirobohkan, karena tergenang ki air kalau hujan. Diperbaiki juga dari swadaya masyarakat," ujarnya.

Meski demikian, Tahir menyebut sudah ada papan proyek dari pemenang tender yang dipasang di persimpangan Jl Borong Raya, untuk dilakukan perbaikan. Hingga saat ini belum terselesaikan.

"Sudah adami papan proyek terpasang, mulai tanggal 13 April 2023 mau diperbaiki, sudah adami lagi mobil alat beratnya, tapi sampai sekarang tidak pernah diperbaiki," tutupnya.

Laporan : Rusmawandi Rara