Ormas Batalyon 120 Berubah Nama, Danny Pomanto: Jadi Bro 120

Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto - (foto by Darsil Yahya)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Organisasi masyarakat (Ormas) Batalyon 120 (B120) Makassar yang bermarkas di Jalan Korban 40.000 Jiwa Makassar bakal mengganti nama menjadi Bro 120.

Hal itu diungkapkan oleh Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto kepada awak media di Gedung DPRD Makassar, Senin (19/9/2022). 

"Karena banyak salah paham di nama itu (Batalyon 120) jadi kita sepakat mengganti jadi Bro 120 (Artinya Persaudaraan)," kata Walikota yang akrab di sapa Danny itu. 

Saat ditanya apakah perubahan nama B120 ke Bro 120 akan dilakukan secara resmi sama seperti awal bentuknya ormas tersebut. Danny mengungkapkan belum mengetahui hal itu. 

"Nanti tanya ketuanya itu baru usulan juga itu," ujarnya. 

Diketahui Batalyon 120 Makassar merupakan organisasi pemuda yang penbentukannya diinisiasi oleh Danny Pomato dan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto. Mereka yang merekrut para pemuda atau anak lorong berusia 15 hingga 35 tahun yang merupakan mantan preman atau dikenal sebagai pembuat onar dan pasukan perang di daerahnya. Batalyon 120 resmikan di Lapangan Karebosi pada Senin (14/3/2022) lalu.

Ormas Batalyon 120 Makassar ini semakin hangat diperbincangkan setelah markas Batalyon 120 digrebek Tim Thunder Dit Samapta Polda Sulsel. 

Dalam penggerebekan di Markas Batalyon 120 Tim Thunder Dit Samapta Polda Sulsel mengamankan sebanyak 48 orang anggota Batalyon 120 Makassar yang usianya mayoritas masih belasan tahun. 

Tak hanya itu, polisi juga mengamankan 164 anak panah atau busur, 4 buah parang, 1 senjata rakitan jenis paporo, 3 ketapel dan 38 botol minumam keras (Miras) yang kosong.

Iptu Faizal juga harus dicopot dari jabatannya sebagai Kanit Reskrim Polsek Tallo dan dimutasi sebagai Bagian Sumberdaya (Sumda) Polrestabes Makassar lantaran dinilai tidak profesional karena tidak berkoodinasi. 

Laporan : Darsil Yahya