Baznas Makassar Targetkan Seribu Penerima Daging Kurban Tahun ini

Ketua Pelaksana Harian (Plh) Baznas Makassar Ahmad Taslim - (foto by Ardi Jaho)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kota Makassar menargetkan 15 ekor hewan qurban pada Idul Adha 1444 Hijriah tahun ini. Jumlah itu naik dua persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Ketua Pelaksana Harian (Plh) Baznas Makassar Ahmad Taslim mengatakan sejauh ini pihaknya telah melakukan penyuratan disejumlah instansi baik dilingkup pemerintahan maupun instansi swasta.

"Tahun lalu target kami terpenuhi 12 ekor sapi, sekarang ini kita target 15 ekor, kami melakukan dengan bersurat ajakan berqurban dibeberapa SKPD Pemkot Makassar, Bank, lalu ada beberapa sifatnya personal dengan patungan Rp2 juta per orang," kata Taslim kepada CELEBESMEDIA.ID, Selasa (20/6/2023).

Untuk pendistribusiannya, akan dilakukan berdasarkan database mustahik Baznasyang setiap tahunnya selalu diperbaharui. Mustahik  adalah golongan yang berhak mendapatkan bantuan dari zakat. 

"Sasaran yang menerima Zakat yaitu fakir miskin kemudian juga ada komunitas muallaf," bebernya.

Penerima Zakat qurban nantinya ditargetkan 1000 Kepala Keluarga (KK) dimana setiap penerima akan mendapatkan dua kilogram daging sapi mentah yang akan langsung diantarkan ke rumah penerima.

"Dibandingkan tahun sebelumnya biasanya penerima Zakat qurban datang di kantor Bazanas namun sekarang kita sudah mempunyai database mustahik jadi kita langsung ke rumahnya dibeberapa kacamataan di Makassar," imbuhnya.

Meski untuk saat ini baru sekitar delapan ekor hewan qurban yang terkumpul di Baznas Makassar, namun diperkirakan akan terus bertambah mengingat masih ada beberapa hari jelang perayaan Idul Adha.

Laporan: Ardi Jaho