Dinas Peternakan Jamin Stok Hewan Kurban di Makassar Melimpah

irektur Operasional (Dirops) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) DP2 Kota Makassar, Ahmad Susanto - (foto by Ria)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jelang Idul Adha 2019, sejumlah persiapan terus dilakukan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) Kota Makassar. Salah satunya adalah meningkatkan pelayanan di beberapa aspek penting.

Menurut Direktur Operasional (Dirops) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) DP2 Kota Makassar, Ahmad Susanto, pemotongan hewan kurban tahun ini diperkirakan bakal meningkat hingga 500 persen (%) dari hari biasanya.

“Semaksimal mungkin kita tingkatkan pelayanan. Jadi kalau biasanya pemotongan hewan itu ada di dalam ruangan, sekarang kita coba siapkan juga pemotongan di luar ruangan. Tapi ini untuk mengantisipasi ketika misalnya pemotongan hewan bertambah jelang lebaran,” kata Ahmad, Sabtu (20/7/2019).

Lebih lanjut Ahmad mengatakan, dalam sehari pemotongan hewan kurban bisa mencapai 200 hingga 300 ekor, terkhusus dalam momen Idul Adha.

“Terkait dengan stok, insyaallah tidak perlu khawatir, stok kita banyak. Jadi siapapun yang mau berkurban boleh pesan, boleh beli di RPH. Stoknya masih banyak,” sambungnya.

Guna menggenjot pelayanan maksimal, Ahmad menambahkan jika pihaknya akan membantu pengurus mesjid ataupun kelompok yang hendak memotong hewan, dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal pemotongan dan pengulitan.

“Tentu kita siapkan pelayanan dengan sebaik mungkin. Disiapkan tenaganya dulu, tentu kita tambah, karena ini kan waktunya bersamaan dipotong,” pungkasnya.