5 Rekomendasi Olahan Daging Khas Makassar saat Idul Adha

Toppa Lada - (foto by Pinterest)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Idul Adha merupakan salah satu hari besar umat Islam. Allah Subhanahu Wata'ala mewajibkan umatnya yang mampu agar berkurban sebagai bentuk rasa syukur sekaligus berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Hewan yang dipilih untuk kurban yakni sapi, kambing, kerbau, domba, atau unta. Proses menyembelihnya tentu saja harus sesuai syariat Islam.

Usai proses penyembelihan, biasanya kita akan langsung mengolah daging tersebut untuk menjadi santapan keluarga. Jika bingung ingin mengolah daging tersebut, berikut ini CELEBESMEDIA.ID menghadirkan 5 rekomendasin olahan daging khas Makassar. 

1. Coto Makassar

Coto makassar menjadi salah satu masakan khas Makassar  yang wajib dicoba. Yang menjadi khas dari coto makassar adalah adalah sambal taoconya.

Beberapa bahan utama yang perlu disiapkan adalah daging serta jeroan seperti hati, babat, paru, lidah dan lainnya.

Proses untuk membuat coto makassar butuh waktu sekitar 60 menit dengan cara daging dan jeroan dimasak terpisah dengan kuah coto. Nantilah saat penyajian daging, jeroan dan kuah disajikan dalan satu mangkuk dan diberi tambahan irisan daun bawang serta bawang goreng.


(Coto Makassar - Pinterest)

2. Pallu Basa

Pallubasa merupakan makanan tradisional asli Makassar, Sulawesi Selatan. Pallubasa berisi jeroan sapi atau kerbau. Proses memasaknya dengan direbus dalam waktu lama. 

Biasanya Pallubasa ini disajikan dengan buras dan kuning telur mentah di atasnya.

Pallubasa adalah makanan khas Makassar yang mirip coto. Bedanya, pallubasa memakai kelapa parut sangrai bukan kacang tanah goreng seperti coto.


(Pallubasa - Pinterest)

3. Sop saudara 

Menambah panjang daftar sajian Lebaran, Anda bisa memilih sop saudara sebagai rekomendasi menu olahan daging.

Sop saudara merupakan masakan khas dari Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah dengan bahan dasar daging sapi yang biasanya disajikan bersama bahan pelengkap seperti bihun, perkedel kentang, jeroan sapi, dan telur rebus. Masakan ini umum dikonsumsi bersama dengan nasi putih dan ikan bolu bakar.

Makanan berkuah dengan cita rasa gurih ini tentu cocok dinikmati bersama keluarga di momen Lebaran Idul Adha.


(Sop Saudara - Pinterest)

4. Konro

Sop konro adalah hidangan wajib Amda coba sebagai menu lebaran Anda. Konro bisa dimakanan denagn sepiring nasi hangat, tetapi bisa juga dengan potongan ketupat.

Konro berbeda dengan coto, pallubasa dan sop saudara yang menggunakan dagimg dan jeroan sapi atau kerbau. Konro justru menggunakan tulang dari sapi atau kerbau sebagai bahan utama masakan

Biasanya kuah konro ini dibuat dengan kacang merah atau cempa' yang dimasak hingga lunak, dihaluskan dan dicampurkan dalam air kuah.


(Konro - Pinterest)

5. Toppa' Lada

Toppa' Lada merupakan salah satu masakan khas orang Sulawesi Selatan. Dibuat dari olahan daging sapi. Toppa' artinya irisan dan 'lada' artinya cabe. Toppa lada berarti irisan cabe. Karena masakan ini memakai cabe cukup banyak. 

Rasa masakan ini lezat, perpaduan asam manis pedas dengan bumbu dan rempah yang menyerap sampai ke dalam serat-serat daging.

Toppa' lada sering disajikan umumnya pada waktu-waktu acara tertentu di rumah. Misalnya jika ada hajatan, pernikahan, sunatan dan akikah

Namun bukan tidak mungkin, masakan ini juga dicari-cari saat perayaan hari raya. Apalagi hari raya Idul Adha.


(Toppa' Lada - Pinterest)

Itulah tadi 5 rekomendasi olahan daging khas Makassar yang dapat menjadi pilihan menu Anda saat Idul Adha di tahun ini.

(Laporan: Dila-Rahayu UMI Makassar)