Makanan Khas Makassar dan Lokasinya Paling Rekomended

Sop konro makanan khas makassar. (foto:google.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kota Makassar memiliki berbagai wisata kuliner khas yang enak dan bikin nagih buat dikunjungi. 

Aneka masakan khas Makassar yang siap memanjakan lidah, dijamin membuat siapapun ketagihan. Untuk memudahkan pemilihan, berikut rekomendasi wisata kuliner di Makassar dan lokasinya yang wajib dicoba.

1. Coto Khas Makassar


Coto merupakan masakan yang berisikan isi perut sapi yang direbus lama agar empuk, kemudian diiris kecil dan ditambahkan bumbu kacang. Coto biasanya dikonsumsi selagi hangat bersamaan dengan ketupat agar semakin nikmat, dan jangan lupa memesan minuman baik dingin maupun hangat sebagai pelengkapnya. 

Rekomendasi Coto makassar yang paling terkenal di Makassar adalah Coto Nusantara. Namanya sudah tidak lagi asing terdengar, bahkan bisa dikatakan jika seseorang belum pernah ke Makassar jika belum mengunjungi Coto Nusantara. 

Terkenal sebagai salah satu tempat kuliner yang menyajikan masakan begitu lezat dan belum ada yang menyainginya, wajar saja jika kelezatannya bahkan sudah terdengar lantang di luar daerah sekalipun. Seringkali disambangi oleh artis ternama di tanah air, yang berarti kelezatannya sudah tidak perlu ditanyakan kembali.

Lokasi Coto Makassar ada di Jl. Nusantara Baru No.142, Ende, Kec. Wajo, Kota Makassar.


2. Pallubasa


Kata pallubasa diambil dari bahasa Makassar, yaitu pallu yang berarti makanan dan basa yang berarti basah. Hampir mirip dengan coto Makassar, pallubasa juga terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu lama. Bedanya, pallubasa memiliki bumbu yang diracik khusus dan kuahnya cenderung lebih kental.

Di samping itu, makanan khas Makassar ini biasanya dihidangkan menggunakan kelapa kering yang sudah digoreng.

Salah satu rekomendasi Pallubasa terciamik dan selalu ramai dikunjungi di Makassar adalah Pallubasa Onta. Meski nama yang digunakan mengandung unsur Onta, ternyata masakannya menggunakan daging sapi berkualitas sebagai bahan dasar pembuatannya. Kuahnya yang memiliki cita rasa kuat dan dipadukan dengan telur ayam kampung sebagai pelengkapnya, dianggap sebagai perpaduan mantap tiada dua. Wajar saja jika sajian kuliner ini selalu diburu masyarakat lokal maupun para pelancong.

Lokasi Pallubasa Onta yaitu terletak di Jl. Onta Lama No.103, Mandala, Kec. Mamajang, Kota Makassar.


3. Otak Otak


Otak otak termasuk salah satu kuliner populer yang banyak dijumpai di beberapa daerah, salah satunya Makassar. Umumnya kuliner ini terbuat dari campuran ikan tenggiri serta tepung gandung yang diolah sedemikian rupa, hingga melahirkan cita rasa tak tertandingi. Cukup mudah ditemukan di manapun, namun tidak ada yang menyamai kelezatan rasa otak otak ibu Elly. Hebatnya lagi, racikan masakannya dapat bertahan sekitar 1 bulan jika disimpan dalam freezer.

Lokasi otak-otak Ibu Elly berada di Jl. Kijang No.7C, Maricaya Baru, Kec. Makassar, Kota Makassar.


4. Sop Konro dan Iga Bakar


Destinasi wisata kuliner lainnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba jatuh kepada Sop Konro. Konro merupakan hidangan sup iga sapi khas Kota Makassar. Bahan kuahnya yang terbuat dari bumbu kluwuk dan rempah-rempah lainnya membuat konro tampak mencolok dengan kuah hitamnya.

Hidangan Sop Konro paling rekomen di Makassar adalah Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi. Disini pengunjung akan disuguhkan menu andalan berupa iga sapi yang direbus maupun dibakar, dan kemudian disajikan bersama dengan kuah kaldu sup. Meski sajian kuliner ini bukanlah satu satunya, namun rasa yang ditawarkan tidak akan pernah sama ketika Anda mencobanya di tempat lainnya.

Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi termasuk kuliner legendaris yang dikenal akan rasanya yang tidak pernah berubah, karena sudah eksis sejak 1968 silam. 

Lokasi tempat makan Sop Konro dan Iga Bakar Karebosi ini berada di Jl. Gn. Lompobattang No.41-43, Pisang Utara, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar.


5. Bebek Palekko


Bebek palekko atau dalam bahasa Bugis berarti memasak bebek di dalam panci ini umumnya menggunakan itik sebagai bahan utamanya. Namun, ada pula yang menggunakan ayam sebagai bahan bakunya. Hidangan yang biasa disantap bersama nasi ini terkenal dengan rasa pedasnya yang siap menggoyang lidah. Bebek palekko dibuat dengan menumis bumbu halus, seperti daun jeruk dan serai hingga wangi. Selanjutnya, potogan bebek akan dimasukan ke dalam panci berisi air dan dimasak hingga menyusut. 

Di sejumlah tempat makan di Makassar, hidangan ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp20.000 per porsinya. Salah satu warung Bebek Palekko rekomended di Makassar adalah Rumah Palekko Racing yang berada di  Jl. Racing Centre No.19A, Karampuang, Kec. Panakkukang, Kota Makassar. Rumah Palekko Racing termasuk salah satu tempat makan yang menyediakan aneka kuliner lezat sebagai daya tariknya. Dari sekian banyak menu yang ada, Nasi Palekko disebut menu favorit pelanggan yang selalu banyak dipesan.


6. Putu Cangkiri

Putu cangkiri atau putu Ambon merupakan jajanan tradisional Makassar yang banyak dijual di pasaran. Jajanan ini dikenal dengan rasa manis yang berasal dari gulan dan ketan gurih. Putu cangkiri dibuat dari tepung beras, kelapa, tepung ketan, gula merah, dan gula putih. Selanjutnya, seluruh bahan dikukus sampai matang dan diberi daun pandan agar lebih wangi dan mengguah selera.

Menikmati sajian putu cangkir yang hangat, khas dan lezat, sepertinya sangat pas di malam hari. Anda bisa bertandang ke Kedai Putu Cangkir Aldi & Aidil yang terletak di Jl Cendrawasih (depan Grand Mode). Buka mulai 16.00 - 23.00 Wita. Di sini empat varian rasa putu cangkir dapat dinikmati.


7. Pallumara


Masyarakat sekitar mempercayai bahwa kuliner bernama PalluMara mampu meredakan demam. Mungkin pernyataan ini sulit dipercaya, namun percaya atau tidak hal ini benar terjadi adanya. Sebenarnya Pallu Mara adalah masakan menggunakan ikan Pallumara sebagai bahan dasar pembuatannya, yang kemudian dicampurkan rempah asam jawa yang terkenal akan rasanya yang kecut.

Campuran asam jawa inilah, yang dipercaya masyarakat ampuh menyembuhkan demam dengan cepat. Sedangkan perpaduan rasa asam dan pedasnya, berhasil membuat siapapun berkeringat saat mengkonsumsinya. Disadari atau tidak, para pengunjung yang sudah pernah mencicipi kelezatannya mengaku masakan tersebut dapat melegakan tenggorokan. Terbuat dari bahan sederhana dan kaya akan manfaat, apakah Anda sudah pernah mencicipinya ?

Rekomendasi Pallumara paling terkenal yaitu Rajanya Pallumara Kepala ikan yang berada di Jl. Cendrawasih III No.20, Panambungan, Kec. Mariso, Kota Makassar.


8. Es Pisang Ijo


Masyarakat Makassar mengolah buang pisang menjadi santapan tradisional yang menyegarkan. Es pisang ijo atau yang juga dikenal dengan nama es palu butung cukup populer dan sering dijual ketika bulan Ramadan. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari pisang yang dibalut adonan tepung berwarna hijau, bubur sumsum, es serut, santan, dan susu kental manis. Campuran seluruh bahan tersebut ampuh meredakan dahaga di siang bolong.

Salah satu tempat kuliner yang bisa Anda coba adalah Es Pisang Ijo Bravo yang lokasinya ada di Jl. Sultan Alauddin No 27, Mangasa, Kec. Tamalate, Kota Makassar.