Nantikan Ulasan ‘Fenomena Non Binary dalam Perspektif Sosial’ di BBS

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Belum lama ini publik digegerkan beredarnya sebuah video seorang Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas) yang mengaku bergender netral atau non binary. Maba yang diketahui bernama Muhammad Nabil Arif Adhitya. 

Non binary atau genderqueer  adalah istilah identitas gender yang tidak merujuk secara spesifik pada salah satu gender baik itu perempuan maupun laki-laki.

Sebenarnya di dalam lingkungan, kelompok non binary tetap dianggap sebagai pria ataupun wanita. Hanya, mereka sendiri tidak mengasosiasikan dirinya ke dalam gender pria atau wanita. Mereka tidak mengakui jenis kelaminnya secara spesifik, terlepas dari apa pun penampilan fisiknya.

Mengutip situs Medical News Today, non-biner bukan lah seorang transgender atau waria. Identitas mereka sangat bervariasi dan tidak dikelompokkan dalam dua spektrum saja.

Meski bukan hal yang baru, namun istilah non binary ini masih dianggap tabu di lingkungan sosial. Lalu seperti apa pandangan masyarakat terkait fenomena non binary ini? Nantikan ulasannya di Blak-blakan Seru “Fenomena Non Binary dalam Perspektif Sosial,” menghadirkan  Sosiolog Universitas Negeri Makassar, Rahmawati Haruna, Senin (22/8/2022) pukul 17.00 Wita di Celebes Radio 88,5 FM.