Keindahan Takabonerate Jadi Nilai Jual Hipmi dalam Jajak Kerjasama dengan Kroasia

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Duta Besar Republik Kroasia untuk Indonesia, Nebojsa Koharovic menyampaikan ketertarikan negaranya pada Sulawesi Salatan.

Hal itu disampaikan Nebojsa dalam pertemuannya dengan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulsel.

Diplomat senior Republik Kroasia itu menyebut, ada banyak peluang kerjasama yang bisa terjalin antara kedua pihak. Salah satunya, pengembangan sektor pariwisata, ekonomi dan IT.

"Kami sangat gembira sekali. Ini diskusi yang menarik. Apalagi Sulsel merupakan sentral Indonesia," tutur Dubes Debojsa di sela-sela pertemuannya dengan HIPMI di Four Point By Sheraton Makassar, Rabu (10/11/2021).

Lebih lanjut, Nebojsa berharap, ekonomi Sulsel bisa lebih maju di komunitas internasional. 

"Sulsel itu tidak dikenal di luar. Sebaik apapun pariwisatanya, tapi kalau manajemennya tidak bagus. Sama saja. Kami berharap lewat diskusi ini saling menguntungkan," tandasnya.

Terkait dengan tindak lanjut dari jajak kerjasama ini, Dubes Nebojsa menyebut, hal yang paling utama adalah menguatkan komunikasi ekonomi kedua belah pihak.

"Misalnya dengan mengenalkan Sulsel di luar. Dengan begitu, Sulsel akan dikenal di luar. Karena apa yang dimiliki Sulsel bisa terangkat karena sudah dikenal di level luar," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Hipmi Sulsel, Rahmat Manggabarani menyebut, daerah yang paling potensial untuk dikerjasamakan dalam sektor pariwisata adalah Kabupaten Kepulauan Selayar.

"Tadi yang saya sampaikan, ada beberapa daerah tapi yang paling potensial adalah Selayar dengan Takabonerate-nya," jelas Rahmat.

Namun demikian, sebelum kerjasama tersebut diteken, kata Rahmat perlu ada pembenahan infrastruktur aksesibilitas menuju objek wisata yang dimaksud.

"Ini yang coba kita dorong. Nanti langkah awal yang kita lakukan dari Hipmi bersama tourism board di Sulsel akan bicara dengan Kemenpar. Jadi bak gayung bersambut, kita promosikan itu, dari luar ternyata merespon itu," tutup Rahmat.

Dalam pertemuan itu, Dubes Nebojsa didampingi Konsul Kehormatan (Honorary Consul) Republik Kroasia untuk Indonesia Timur di Makassar, Munafri Arifuddin. Sementara, Ketua Hipmi Sulsel didampingi beberapa ketua Hipmi Kabupaten/Kota.Keindahan Takabonerate