Target Pendapatan PD Parkir Tahun 2020 Harusnya Naik dari Tahun 2019

Petugas e-parking di Makassar / foto: Ariani

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Lelang Direksi PD Parkir Raya Kota Makassar telah usai. Tiga pimpinan baru telah terpilih melalui proses seleksi, yaitu Irham Syah Gaffar, Susuman Halim, dan Andi Fadly Fedriansyah.

Direktur Exekutif Swadaya Mitra Bangsa (Yasmib) Sulsel, Rosmiati Asiz, menyoroti pendapatan PD Parkir tahun 2019 yang jauh dari target. Menurut Rosmiati, dari data tahun 2019 yang ada, PD Parkir Makassar menargatkan pendapatan hingga Rp 90 miliar. Sementara yang teralisasi hanya 27 persen.

Jumlah kendaraan yang ada di Kota Makassar hingga tahun 2018 mencapai 1,5 juta unit, baik roda dua maupun roda empat. “Jika setiap hari ditarik retribusi Rp 2.000 per kendaraan tiap hari, maka dalam setahun retribusi bisa mencapai Rp 1 triliun,” ucapnya.

Dari akumulasi jumlah kendaraan pada tahun 2018 itu, Rosmiati mengatakan bahwa Direksi  PD Parkir yang  terpilih bisa menargetkan pendapatan di tahun 2020 ini harusnya melebihi dari target di tahun 2019. “Dan diharapkan target itu terealisasi,” katanya.

Rosmiati juga menambahkan, kebocoran anggrapan PD Parkir pada tahun sebelumnya disebabkan penataan perparkiran di Kota Makassar tidak teralisasi dengan baik. Hal itu dapat dilihat dengan maraknya parkir liar yang kian menjadi-jadi. Selain itu, aturan parkir yang telah dibuat tidak diberlakukan secara maksimal.