Jelang Idul Adha, DP2 Kota Makassar Akan Sosialiasi Tata Cara Pemotongan Hewan Kurban

Hewan Kurban - (foto by Ria)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dinas Peternakan dan Perikanan (DP2) Kota Makassar terus berupaya memastikan bahwa stok hewan kurban untuk perayaan Idul Adha 2019 terjaga dengan aman.

Salah satu langkah yang dilakukannya adalah dengan sosialisasi langsung kepada seluruh masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas DP2 Makassar, Andi Herliyani, jika dalam menyambut hari raya kurban ini pihaknya terlebih dahulu menggelar sosialisasi.

“Jadi kami akan undang kurang lebih 500 penyelenggara kurban di tiap masjid se-kota Makassar, selain itu kita juga undang stakeholder terkait, untuk mengikuti sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban yang sesuai dengan syariat islam,” ungkapnya, Sabtu (20/7/2019).

Selain itu, DP2 sendiri, lanjut Herliyani akan terus melakukan pengawasan terhadap hewan-hewan kurban pada dua pekan mendatang menjelang Hari Raya Idul Adha. Pasalnya di waktu tersebut, para pedagang sudah menjajakan hewan kurbannya.

“Setelah sosialisasi atau tepatnya dua minggu sebelum hari raya kurban, tim yang kita sudah bentuk akan sering turun ke lapangan melakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban yang ada diseluruh titik-titik di kota Makassar,” jelasnya.

“Setelah dilakukan pemeriksaan pada hewan kurban, tim tersebut kemudian memberikan kartu kepada pedagang, sebagai bukti bahwa hewan yang diperdagangkannya sudah layak dijadikan kurban,” tutup Herliyani.