Ketahui, 4 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Hewan Kurban

Hewan kurban - (foto by Dok CELEBESMEDIA)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar-Jika Anda berniat untuk berkurban di tahun ini, ada baiknya sudah mulai mencari hewan kurban lebih awal.  Pasalnya hari raya Idul Adha tinggal sebulan lagi. Namun sebelum membeli Anda perlu dengan teliti memilih hewan kurban yang sehat.

Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) Sulsel, A. Agung PJ Wahyuda menjelaskan akan sulit membedakan hewan yang sehat dan sakit hanya dengan melihat sesaat saja.

“Untuk membedakan hewan dengan hanya melihat saja untuk orang awam yang belum memiliki pengalaman akan sulit. Paling tidak kita bisa melihat dari cara berjalannya, bila ada kepincangan maka besar peluangnya ada masalah pada kakinya,” ucap Dokter Hewan (Drh) Agung kepada CELEBESMEDIA.ID, Kamis (9/6/2022).

Ia pun menjabarkan  4 hal yang perlu diperhatikan saat memelih hewan kurban

1.       Postur tubuh

Kambing maupun sapi yang malas bergerak menandakan hewan tersebut tidak sehat. Idealnya hewan yang sehat bertubuh tegap dan tidak malas bergerak. Hewan sakit juga nafnya berat atau tersengal-sengal.

“Ciri-ciri spesifik hewan kurban yang sakit salah satunya saat diangkat untuk berdiri tidak mau. Nafasnya juga berat,” jelas dokter Agung.

2.       Feses

Hewan kurban yang sakit juga dapat diketahui dari bentuk fesesnya yang encer atau justru terlalu padat. Jika feses hewan kurban terlalu encer menandakan indikasi diare.

“Feses atau kotorannya sangat encer atau terlalu padat artinya hewan sakit. Dapat juga dilihat dari seputaran anusnya yang masih ada sisa feses,’ lanjutnya.

3.       Mata  dan mulut

Ciri hewan kurban sakit juga dapat dilihat dari matanya yang merah. Mata hewan yang sehat tentunya terlihat jernih.  

“(Sapi atau kambing yang sakit) matanya biasa merah atau mengeluarkan kotoran, mulut kering dan kadang ada keropeng atau lesi seperti sariawan,” kata Dokter Agung.

4.       Hidung, kuku dan bulu

Hidung hewan kurban yang sehat tidka berair. Selain itu, meski sapi ataupun kambing terlihat tidak ada rambut, namun jika didekati ternyata memiliki bulu halus. Apabila dipegang rambut sapi tidak gampang rontok, begitupun dengan kambing.

 “Hidungnya kering atau beringus, telinganya cacat atau mengeluarkan bau. Selain itu kulit dan bulu kusam tidak mengkilap dan kuku ada luka pada teracar kakinya,” tutupnya.