Harga Hewan Kurban di Makassar Belasan Juta Per Ekor, Penjual Mengeluh Sepi Pembeli

Penjualan sapi kurban di Jalan Masjid Raya Makassar-(foto by : Zizi)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar-Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah akan jatuh pada 20 Juli 2021. Biasanya, sejak jauh hari umat Muslim mulai mencari hewan kurban sesuai kemampuannya masing-masing. Umumnya hewan kurban yang biasa dikurbankan masyarakat Indonesia mulai dari kambing, domba sapi hingga kerbau. Harga hewan kurban tersebut pun beragam.

Khusus di wilayah Makassar, penjual hewan kurban sengaja mematok harga yang relatif terjangkau dengan pertimbangan menurunnya minat beli di masa pandemi Covid-19.

H. Mustafa, salah satu penjual hewan kurban di Jalan Masjid Raya Makassar mengaku sengaja memasang harga murah sebab pada tahun sebelumnya penjualan hewan kurban merosot drastis.

“Saya sengaja menurunkan harganya (hewan kurban), yang paling besar Rp 14 Juta per ekor. Jumlah sapi yang saya jual juga saya kurangi hanya sekitar 35 ekor,” jelas H. Mustafa.

Warga jalan Petta Punggawa Bontoala ini juga mengeluhkan sepinya pembeli tahun ini yang hampir sama pada tahun sebelumnya.

“Tahun lalu itu saya menyiapkan 100 ekor tapi yang laku Cuma 72 orang. Memang sepi pembeli, hamper smeua penjual hewan kurban dekat sini mengeluh sepi pembeli,” lanjutnya.

Sementara itu/ berdasarkan pantuan CELEBESMEDIA.ID pada beberapa penjual hewan kurban di Makassar, hewan kurban jenis sapi ongole seharga Rp 14 juta sampai Rp 19 jutaan. Sapi Madura Rp 14 juta – Rp 25 jutaan. Sapi bali seharga Rp 12 juta sampai Rp 14 jutaan. Sedangkan untuk jenis kambing harganya berkisar Rp 2 juta sampai Rp 3 jutaan.