Imbas BBM Naik, Harga Ikan di TPI Paotere Melonjak 100 persen

Suasana TPI Paotere Makassar - (foto by Dayat)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Dampak naiknya harga BBM mulai dirasakan para penjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Paotere Makassar.

Harga BBM yang semakin mahal mengakibatkan nelayan mulai berfikir untuk melaut karena biaya operasional yang sangat melambung.

Firman (47), salah  seorang pedagang di TPI Paotere mengungkapkan bahwa semenjak naiknya BBM jumlah pembeli di TPI Paotere semakin berkurang tiap harinya karena mahalnya harga ikan. 

Ia mengungkapkan penyebab dari hal tersebut karena kurangnya nelayan melaut sehingga stok ikan di TPI  Paotere kurang. Tak tanggung-tanggung kenaikan harganya mencapai 100 persen.

"Sangat berpengaruh sekali, karena dampaknya itu BBM naik jadi nelayan juga berpikir untuk keluar melaut, karena biaya transportnya kan jadi tinggi sekali. Selama BBM ini naik jadi daya tangkap semakin berkurang, jadinya mereka (nelayan) jual ke kita lebih mahal bisa sampai 100 persen," kata Firman kepada CELEBEAMEDIA.ID, Selasa (20/9/2022).

Sebagian penjual ikan, ia harus mengeluarkan modal lebih tinggi untuk membeli ikan dari para nelayan yang menjadi pemasok. Meski demikian harga yang dikenakan ke konsumen hanya naik 10 persen karena takut merugi akibat kurangnya pembeli.

Ia pun mengaku meski hanya menaikkan harga jual ke konsumen hanya 10 persen dari harga biasa, namun tetap saja pembeli kian hari makin sepi.  

"Omset sebelum Covid itu Rp4 atau Rp3 juta dan Rp2 juta paling sedikit dalam setengah hari, kemudian selama Covid kita bersyukur sekalimi kalau kita dapat Rp1 juta perharinya, ditambah sekarang bbm naik waduh turun lagi dibawahnya Rp1 juta, kadang kita juga tidak dapat pembeli," keluhnya.

Dia mengeluhkan tidak adanya regulasi dari pemerintah untuk menekan dampak dari naiknya harga BBM. Karena nelayan dan pedagang kecil sepertinya sangat merugi. Firman berharap bahwa pemerintah akan memberikan solusi yang tepat atas permasalahan yang timbul karena naiknya harga BBM ini.

"Cuma bisa sabar karena tidak ada solusi dari pemerintah,  kita bisa lihat sendiri kalau kurang sekali pembeli toh. jadi semoga pemerintah bisa lebih perhatian dan beri solusi untuk kami-kami ini," pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, harga ikan di TPI Paotere Makassar ini bervariatif.

Harga ikan Tengiri naik menjadi Rp 75 ribu per kilogram.

Harga udang juga naik menjadi Rp65 ribu per kilogram

Harga ikan Tongkol naik menjadi Rp35 per ekor

Harga ikan Kakap yang mencapai Rp60 ribu tiap ekornya.

Laporan: Muhammad Nurhidayat  UINAM