Harga Gula akan Naik, Bulog Pastikan Stok Aman

Gula pasir - (foto by: Dok CELEBESMEDIA.

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Badan Urusan Logistik (Bulog) Wilayah Sulwesi Selatan dan Barat (Sulsebar) memastik stok gula tetap aman jelang Ramadan. Stok gula di Bulog saat ini sebanyak 400 ton.

"Dari sisi ketersediaan aman. saat ini ada 100 ton, sepekan kedepan kurang lebih akan datan 300 ton. Pelaku usaha juga tentu memiliki stok gula sendiri misalnya PTPN (PT Perkebunan Nusantara," jelas Pimpinan Wilayah Bulog.Sulselbar, Bakhtiar AS dalam program Blak-Blakan Seru Celebes Radio, Selasa (22/3/2022). 

Meski demikkan, Bakhtiar tak menampik terkait rencana kenaikan harga gula. 

"Harga acuannya, harga eceran tertinggi dulu memang Rp12.500 per liter.  sekarang setelah perubahan HET gula harganya jadi naik yakni Rp13.500. Akan tetapi kami berencana mengadakan pasar murah di perumahan masyarakat," ungkapnya.

Selain beras, Bulog juga bisa menjamin ketersediaan pangan saat Ramadan. 

" Jadi stoknya dipastikan aman, tapi itu yang berada wewenang Bulog, misalnyan beras, gula dan daging itu aman. Tapi terkait minyak goreng bisa dikonfirmasi ke dinas terkait, dalam hal ini Dinas Perdagangan," lanjutnya.

Bakhtiar juga mengimbau masyarakat jangan panik menghadapi Ramadan ini sebab pemerintah tentu telah menyusun langkah strategis untuk menjaga stabilitas stok pangan.

"Kami sudah melaukan persiapan. Melakukan rapat bersama dengan tim satgas pangan yg dihadiri  Kapolda, Pangdam, beberapa OPD, jadi jangan panik ini (stok pangan)  dipastikan cukup," ucapnya.