Ini Perempuan Multi Peran Menurut Direktur Primaya Hospital

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Direktur Primaya Hospital Merry Monica membahas Perempuan Multi Peran dalam program Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2022, Kamis (28/4/2022).

Menurut Merry, perempuan multi peran di tengah perkembangan peradaban manusia saat ini adalah seorang perempuan yang bisa menjalankan perannya bukan hanya sebagai seorang ibu, seorang istri, ibu rumah tangga.

Namun perempuan juga bisa membantu mendukung kehidupan ekonomi dan sosial keluarga.

"Untuk cakupan yang lebih luas tentunya bagaimana perempuan bisa memberikan kontribusi, manfaat yang ada di sekitarnya," ucapnya.

Jika peran perempuan dari segi kesehatan, kata Merry tentunya perempuan itu mempunyai peran yang sangat penting.

"Karena dari seorang perempuan, seorang ibu yang sehat bisa melahirkan anak-anak yang sehat atau keturunan yang sehat dan dari seorang ibu yang memiliki pendidikan dan pengetahuan yang cukup untuk kesehatan bisa menjaga kesehatan keluarganya," tuturnya.

Khusus di lingkup RS Primaya dalam memperhatikan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya perempuan. Ia kerap melakukan pendidikan dan pelatihan (Diklat).

"Kami di RS ada dinamakan pelatihan dan pendidikan (Diklat) dan itu diberlakukan untuk semua karyawan tanpa melihat gender. Namun untuk program kesehatan karyawan untuk wanita kami juga ada medical check up seperti Pap Smear (Pemeriksaan kanker serviks) dan juga pemberian vaksinasi untuk anti kanker serviks," tandasnya.

Merry juga menjelaskan, selama memimpin RS Primaya dirinya telah membuat berbagai program. Namun yang paling bermakna saat ini adalah program yang berkaitan dengan era digital yang diterapkan di eks RS Awal Bros tersebut.

"Seluruh karyawan termasuk para ibu-ibu yang ada di RS Primaya kami ajarkan untuk bisa dekat dengan teknologi, jadi di RS kami sudah menjalankan namanya elektronik medical record dan itu digunakan oleh dokter dan para perawat," pungkasnya.

Laporan : Darsil Yahya