Disdik Makassar Buka Layanan Aduan PPDB 2022

Salah satu orangtua siswa menyampaikan aduannya ke Kadisdik Makassar, Muhyiddin Rabu (22/6/2022) - (foto by Ardi Jaho)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Muhyiddin Mustakim menegaskan semua aduan terkait PPDB 2022 yang disampaikan orangtua siswa akan segera ditindaki. Ia pun mengakui proses PPDB 2022 tingkat SD dan SMP di Makassar yang dibuka sejak Senin (20/6/2022) lalu hingg hari ini Rabu (22/6/2022) mengalami hambatan.

Salah satu aduan yang paling banyak masuk ke Disdik Makassar yakni data warga yang tidak memenuhi syarat sehingga sulit terbaca oleh sistem.

"Yang menjadi kendala di sini adalah data-data masyarakat yang tidak sesuai dikarenakan perpindahan sedangkan kita membuat aturan 1 tahun minimal jika tidak maka data-data yang bersangkutan tidak akan terbaca,” jelas Muhyiddin kepada CELEBESMEDIA.ID, Rabu (22/6/2022).

Kendala lainnya jika orangtua siswa mendaftar menggunakan Hand Phone (HP) sehingga kemungkinan eror jauh lebih besar.

“Hanya 5 persen masyarakat yang menggunakan labtop atau komputer sedangkan yang 60 persen itu adalah penggunaan HP. Nah, penggunaan HP itu memiliki banyak kendala," kata Muhyiddin.

Meski telah menempatkan operator di tiap sekolah, namun Dinas Pendidikan Makassar tetap membuka layanan aduan selama PPDB 2022 berlangsung. Aduan bisa disampaikan secara langsung dengan datang ke Kantor Disdik Makassar dapat pula secara online dengan mengakses laman Dinas Pendidikan Makassar.

"Memang banyak masyarakat yang belum paham dengan sistem ini jadi kita tuntun, pelayanan kami buka selama 24 jam jika masyarakat mendapatkan kendala silahkan untuk ajukan keluhan,” lanjutnya.

Sudah ada ratusan berkas pendaftar yang masuk ke sistem PPDB 2022 Makassar untuk tingkat Sd dan SMP.

“Data terakhir  pada 21 Juni 2022 pukul 13.00 Wita sudah 13 ribu lebih pendaftar yang tercatat untuk tingkat SD dan SMP tetapi belum semua berkas divalidasi karena harus diteliti  berkasnya terlebih dahulu, seperti pernyataan dari orang tua bahwa semua data yang di kasih itu benar agar terhindar dari permasalah-permasalah seperti sebelumnya,” tutupnya.