Curangi PPDB 2022, Walikota Makassar: Saya akan Pecat

Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto - (foto by dok CELEBESMEDIA,ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto menegaskan tidak segan menindaki oknum sekolah yang terbukti berbuat curang dalam pelaksanaan Penerimaan peserta Didik Baru (PPDB) 2022 di Makassar.

Danny Pomanto, sapaan akrab Walikota Makassar, mengatakan sanksi tersebut akan diberikan peda siapa saja oknum sekolah yang bersalah termasuk kepala sekolah maupun guru.

“Saya sudah sampaikan jika ada oknum kepala sekolah atau guru yang membackup soal domisili maka saya akan pecat,” tegas Danny Pomanto kepada CELEBESMEDIA.ID, Kamis (23/6/2022).

Ia pun mengungkapkan jika permasalahan server yang eror merupakan hal yang mungkin saja terjadi dan saat ini telah menginstruksikan dinas terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Ya kalau server itu dimana-mana kalau serentak pasti server jebol saya bilang tolong diatur yang sehingga server tidak error,” lanjutnya.

Danny Pomanto juga mengatakan jika pelaksanaan PPDB 2022 di Makassar tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya karena berlangsung lebih transparan sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan.

“Yang pertama PPDB lebih baik dari yang kemarin, manipulasi alamat yang kemudian didukung dari pihak baik didalam maupun di luar. Alhamdulillah kali ini kita lebih transparan kita pakai server sendiri dan saya kira kita mulai menjaga dari dukcapil dan oknum kepala sekolah.

Ia pun mengaku terus pemantau pelaksanaan PPDB di Makassar secara online.

“Saya memantau secara online setiap saat. Saya berharap kita harus fair (adil) dan siswa yang tidak lulus pun kita kawal untuk masuk di swasta,” katanya.

PPDB 2022 di Makassar dimulai dari tingkat SD dan SMP yang pendaftaran jalur zonasinya dibuka sejak 20-24 Juni 2022. Pengumuman 25 Juni 2022, dan pendaftaran ulang 25-28 juni 2022.

Sedangkan PPDB tingkat SMA/ SMK dibagi dalam beberapa tahapan. Tahap pertama khusus untuk boarding school dibuka pada tanggal 20-23 Juni 2022. Tahap kedua pada 27-29 juni 2022. Dan tahap ketiga 4-6 Juli 2022. 

(Laporan: Ardi Jaho)