Sprinkler Diduga Tak Berfungsi Maksimal, Ini Penjelasan Dirut Trans Kalla

Direktur Utama (Dirut) Trans Kalla Makassar Max Kambuan - foto by Rusmawandi Rara

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Water sprinkler Trans Studio Mal diduga tak berfungsi maksimal, saat mal yang terletak jalan Metro Tanjung Bunga Kecamatan Tamalate Kota Makassar terbakar Senin (24/4/2023) malam.

Pasalnya dalam video amatir yang beredar  terlihat tidak ada air yang keluar dari water sprinkler tersebut saat asap mulai mengepul dan api mulai membumbung.

Api dengan cepatnya merambat pada bagian dalam mal berlantai 4 tersebut.

Namun, Direktur Utama (Dirut) Trans Kalla Makassar Max Kambuan, mengklaim sprinkler mal terbesar di Indonesia timur itu, berfungsi normal.

"Lengkap ada (Sprinkler), berfungsi. Ada saya lihat tadi, selangnya terbuka semua bahkan banjr tadi," kata Max Kambuan di lokasi kejadian, Selasa (25/4) dini hari.

Saat insiden kebakaran itu, terjadi, lanjut Max, pengunjung yang hadir memang cukup ramai.Terlebih memasuk libur hari kedua pasca lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Pengunjung kalau saya lihat tadi ada sekitar 3000 orang, memang ramai," ujarnya.

Water sprinkler salah satu jaringan pemadam kebakaran otomatis. Alat pemadam kebakaran ini biasanya digunakan di gedung-gedung besar, pabrik, sekolah, maupun bangunan yang membutuhkan kerja 24 jam. 

Setiap sprinkler diaktifkan secara individual bila dipanaskan sampai suhu tertentu.

Laporan: Rusmawandi Rara