Waspada Puncak Cuaca Panas di Sulsel Juni hingga September 2023

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar menegaskan wilayah Sulawesi Selatan masih akan dilanda cuaca panas. Kordinator bidang data dan informasi, Hanafi mengungkapkan puncak cuaca di Sulawesi Selatan mulai Juni hingga September 2023.

Ia juga menjelaskan penyebab suhu panas karena posisi temu teriknya matahari terhadap bumi kita dimana sekarang sudah berada di sebelah utara equator menuju ke 22,5 derajat lintang utara. Pertemuan terik matahari di wilayah Sulawesi Selatan diprediksi terjadi tanggal 21 Juni 2023 dengan suhu sekitar 34,9 derajat Celcius.

“Cuaca ini akan terus belanjut  dan puncaknya akan terjadi di bulan Juni hingga September karena di tiap wilayah Sulawesi Selatan. Puncaknya sekitar tanggal 21 Juni,” jelasnya.

Cuaca panas dominan akan melanda di wilayah Sulawesi Selatan bagian barat.

“Cuaca panas ini umumnya terasa panas dominan di wilayah tersebut dari Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Gowa, Takalar hingga di Jeneponto,” lanjutnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap menjaga daya tahan tubuh dan mengingatkan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tetap terhidrasi. Selain itu ia pun mengingatkan masyarakat agar terus waspada akan kebakaran hutan.

“Dampak kondisi panas tersebut pad atubuh kita dehidrasi. Harus banyak konsumsi minum air putih. supaya tidak dehidrasai. Dan dampak terhadap lingkungan kita harus hati-hati karena suhu kondisi panas dapat memicu terjadinya kebakaran sedikit saja percikan api dapat memicu kebakaran,” tutupnya.

 Laporan : Rusmawandi Rara