Shelter Warga Berikan Rasa Aman Bagi Perempuan Longwis Haderslev

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Warga Lorong Wisata (Longwis) Haderslev, Jalan Somba Opu, Kelurahan Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, antusias dengan hadirnya Shelter Warga atau rumah aman.

Dewan Lorong (Delor) Haderslev, Sarmila mengaku sangat mengapresiasi Shelter Warga yang membuka layanan konsultasi hukum yang dihadirkan Pemerintah Kota Makassar.

"Adanya layanan konsultasi hukum di lorong, kami sangat antusias sekali karena saya sebagai Delor apalagi perempuan sangat membutuhkan perlindungan lebih dari pemerintah," kata Delor Haderslev, Sarmila, Sabtu (10/12/2022).

Menurut dia, program seperti ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh warga khususnya perempuan. Sebab ada jaminan keamanan bagi mereka.

"Kami sebagi warga sangat membutuhkan sekali program seperti ini meski saat ini, Alhamdulillah belum ada (kasus kekerasan) tapi kedepannya kan kita tidak tahu bisa saja ada kejadian," ujarnya.

Sehingga, lanjut Sarmila, dengan adanya program konsultasi bantuan hukum ini warga merasa lebih terlindungi khususnya perempuan.

"Jadi sangat postif sekali, sehingga kami berharap program ini terus berkelanjutan atau ke depan ada lagi program yang terkait perempuan dan anak," tandasnya.

Sama halnya yang diungkapkan oleh Lurah Maloku, Aidir Perdana. Menurut dia kehadiran Shelter Warga ini mampu meningkatkan keamanan warganya.

"Hadirnya ruang konsultasi hukum dan keluarga ini sebagai proteksi dini terjadinya kekerasan," terangnya.

Bahkan ia mengaku, semenjak adanya program Longwis di wilayahnya kasus kekerasan tidak pernah terjadi sebab aktivitas warga semakin meningkat.

Menurut Aidir, salah satu faktor terjadinya kekerasan dalam keluarga adalah masalah ekonomi. Sehingga adanya program Longwis ini mampu meningkatkan taraf hidup warga karena ada perberdayaan masyarakat di dalamnya.

"Kalau kita melihat salah satu faktor yang mendasar pertikaian di dalam keluarga itu adalah faktor ekonomi. Hadirnya Longwis ini Ibu-ibunya kan berjualan kue dan bapak-bapaknya membudidayakan ikan sehingga potensi konflik kekerasan dari keluarga bisa diminimalisir," ungkapnya.

Shelter Warga adalah layanan konsultasi keluarga dan hukum bagi warga Makassar di setiap kelurahan yang dibuka secara gratis oleh pemerintah kota melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Makassar.

Laporan : Darsil Yahya