Harga Telur Meroket Jelang Ramadan, Tembus Rp63 Ribu per Rak

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Selain beras,  harga telur ikut meroket jelang bulan suci Ramadan. Hampir semua jenis telur harganya naik. Telur ayam ras, ayam kampung hingga telur bebek.

Pantauan CELEBESMEDIA di pasar tradisional Pa'baeng-Baeng Kota Makassar Selasa (5/3), untuk harga telur ayam ras menyentuh angka Rp63.000 per rak dari harga normalnya yaitu Rp58.000. Ada kenaikan sekitar Rp5.000 dari harga normal.

Untuk harga telur bebek kini menyentuh angka Rp90.000 per rak yang sebelumnya hanya bertengger diangka Rp75.000. Mengalami kenaikan sebesar Rp15.000 jika dibandingkan dengan harga normalnya.

Peternak sekaligus pedagang di Pasar Pa'baeng-baeng, Fitriani  mengakui harga telur naik sejak 2 pekan lalu karena dipicu kenaikan pakan ternak.

"Kalau untuk telur ayam ras sama bebek itu kalau tidak salah 1 minggu yang lalu atau 2 minggu yang lalu sudah naik, intinya sekarang mahal telur, " kata Fitriani pada CELEBESMEDIA di Pasar Pa'baeng-Baeng, Makassar, Selasa (5/3).

Sedangkan untuk harga telur ayam kampung, kini telah menyentuh angka Rp100.000 per rak, mengalami kenaikan sebesar Rp40.000 jika dibandingkan dengan harga normalnya yaitu Rp60.000. 

Berbeda dengan jenis telur ayam ras dan bebek, telur ayam kampung menurut pengakuan Fitriani justru telah mengalami kenaikan harga sejak tahun lalu di bulan Desember, dan hingga kini masih konsisten bertahan seharga Rp100.000).

Kenaikan harga telur ini kata Fitriani disebabkan oleh kenaikan pakan ternak yang juga kian mahal. 

"Harga telur naik sekarang itu karena pakan ternak juga naik," tutur Fitriani.

Laporan : Riski