Blak-blakan Seru Bedah Potensi Gelombang Panas di Indonesia

CELEBESMEDIA.ID, Makassar- Sejumlah negara Eropa dilanda gelombang panas beberapa waktu terakhir. Suhu udara di negara tersebut bahkan mencapai 40 derajat yang menelan banyak korban jiwa.

Melansir Telegraph, kematian akibat gelombang panas tidak hanya terjadi kelompok berisiko tinggi. Namun juga bisa mengancam nyawa orang-orang yang fit dan sehat. Diketahui panas dapat mengakibatkan seseorang merasa pusing, haus berlebih, dan sangat banyak mengeluarkan keringat.

Biasanya kondisi ini tidak terlalu serius selama seseorang dapat segera keluar dari suhu panas dan menenangkan diri. Akan tetapi, apabila tidak melakukannya dan suhu tubuh terus meningkat yang akan memasuki zona bahaya heat stroke sebagai dampak  panas yang tengah terjadi.      

Lantas, apakah Indonesia perlu waspada akan terjadinya potensi gelombang panas seperti di Eropa? Lalu apa yang menyebabkan terjadinya gelombang panas? Seberapa berbahayakah gelombang panas ini?

Nantikan ulasan selengkapnya dalam Blak-blakan Seru yang mengangkat tema “Fenomena Gelombang Panas dan Anomali Cuaca”. Dialog ini akan menghadirkan Irwan nasution selaku  Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Paotere yang disiakan secara langsung Celebes Radio 88,5 FM, Senin (25/7/20220 pukul 17.00 Wita.