Ilham Azikin : Bupati Sementara, Warga Bantaeng Selamanya

Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin saat memberikan sambutan di akhir masa jabatannya, Senin (25/9/2023) - (foto by Wahyu Saputra)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bupati Kabupaten Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengaku bersyukur bisa mengakhiri masa jabatannya dengan sangat baik. 

Ia menyebut pengalamannya memimpin Bantaeng penuh dengan makna. Hal itu Ia sampaikan di hadapan ratusan pegawai yang hadir pada upacara di Lapangan Pantai Seruni, Bantaeng, Senin (25/9/2023). 

Dalam sambutannya, Ilham Azikin yang didampingi Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin meminta kepada seluruh pejabat dan masyarakat untuk melanjutkan apa yang telah dicapai bersama, selama dirinya memimpin Kabupaten Bantaeng. 

"Aktivitas politik hanyalah bagian kecil dari seluruh aktivitas kemasyarakatan, untuk itu jangan pernah membiarkan yang bagian kecil itu merusak tatanan besar yang telah kita bangun," katanya.

Ia juga mengatakan, setelah melepaskan masa jabatannya sebagai bupati, dirinya akan kembali sebagai warga biasa namun tetap punya hak dan tanggungjawab yang sama untuk terus memberikan manfaat bagi daerahnya. 

"Awal dan akhir sudah digariskan. Masa waktu menjadi bupati dan wakil bupati hanyalah sementara, tetapi menjadi warga Bantaeng adalah selamanya," terangnya. 

Ilham Azikin mengajak kepada semua yang hadir pada ucara akhir masa jabatannya itu, untuk terus menjaga solidaritas, hubungan kekeluargaan yang lama ini telah terjalin dan dibina dengan baik. 

"Untuk itu hubungan persaudaraan, solidaritas harus berlangsung lama dan tidak meninggalkan jarak. Karna kita adalah warga yang lahir, tumbuh dan bermakna disini, ditanah kala'birang, Butta Toa," tambahnya.

Selama kurang lebih lima tahun memimpin Kabupaten Bantaeng, Ilham Azikin telah menorehkan banyak pencapaian dan mendapat banyak penghargaan.

Prestasi yang telah diraihnya antara lain meraih 8 kali berturut-turut predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bidang keuangan.

Prestasi lainnya yakni masuk dalam jajaran 6 besar daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia tahun 2022, hingga pencapaian lain seperti pembangunan infrastruktur, kualitas pendidikan yang lebih baik, fasilitas kesehatan yang memadai dan kesejahteraan warga yang makin baik. 

"Selama periode kepemimpinan kami, banyak yang telah kita capai bersama. Pembangunan infrastruktur, kualitas pendidikan yang lebih baik, fasilitas kesehatan yang memadai, kesejahteraan warga yang makin baik serta berbagai program lainnya yang telah kita realisasikan bersama. Tetapi yang lebih penting dari itu semua adalah menjaga sama-sama apa yang telah kita wujudkan," ucapnya. 

Diakhir sambutannya, Ilham Azikin menampaikan terima kasih kepada seluruh penjabat dan pegawai dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bantaeng atas kerjasma yang selama ini berhasil dijalankan dengan baik. 

Upacara ini juga diwarnai oleh tagis haru beberapa pegawai yang turut hadir pelepasan masa purna tugas Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bantaeng. 

Laporan : Wahyu Saputra