Diresmikan Aksa Mahmud, Teknik Pertambangan Unibos Miliki Laboratorium Baru

CELEBESMEDIA.ID, Makassar -Founder Bosowa Corporindo, H.M. Aksa Mahmud didampingi Rektor Universitas Bosowa (Unibos), Prof Batara Surya meresmikan Gedung Laboratorium Program Studi (Prodi) Teknik Pertambangan Universitas Bosowa (Unibos).

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan langsung H.M. Aksa Mahmud disaksikan oleh sivitas akademika Fakultas Teknik Unibos, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (3/5/2023).

Founder Bosowa, Aksa Mahmud usai kegiatan mengatakan yayasan siap mendukung dan mensupport penuh apa yang menjadi kebutuhan Unibos, seperti perihal kelengkapan laboratorium dalam menunjang proses pembelajaran.

"Artinya apa yang diinginkan Pak Rektor, kita dukun supaya Unibos terus maju dan unggul, sertamenjadi universitas terkemuka di kawasan Timur bahkan di Indonesia," ujarnya.

Ia mengatakan kedepannya Universitas Bosowa akan sejajar dengan Universitas yang terkemuka di Indonesia dan juga menjadikan teknik pertambangan menjadi jurusan kebanggan di Unibos.

“Kedepanya teknik pertambangan akan menjadi prodi kebanggaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unibos, Prof Batara Surya menjelaskan prodi Teknik Pertambangan merupakan jurusan yang banyak diminati oleh masyarakat terbukti dengan jumlah pendaftar sekitar 200 dan terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

“Tren pendaftar di Unibos khususnya di Prodi Pertambangan semakin meningkat tiap tahunnya, maka dari itu kami terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan membangun fasilitas Laboratorium,” tuturnya.

Menurutnya, alat bor di laboratoium tersebut tidak hanya bisa dipergunakan teknik pertambangan, tapi juga akan dibutuhkan oleh teknik sipil bahkan berbagai jurusan. 

"Dukungan sarana ini menjadi penting begitu juga untuk teknik sipil ketika dia akan mengetahui struktur suatu bangunan maka ini juga akan dipakai. Begitu juga dengan eksplorasi sumber bawa tanah potensi mineral," ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Unibos, Nasrullah berharap laboratorium akan digunakan sebaik mungkin kepada seluruh mahasiswa.

"Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi anak-anak teknik pertambangan Unibos," harap Nasrullah.

Laporan: Ardi Jaho