Mengenal Subhan Aksa, CEO Bosowa Corporindo

Subhan Aksa - (foto by Bosowa.co.id)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Nama Subhan Aksa di dunia otomotif nasional cukup luas dikenal karena gebrakannya mengikuti kegiatan berskala nasional maupun internasional. 

Namun belakangan, ia banyak terekspos sebagai Chief Executive Officer (CEO) Bosowa Corporindo, perusahaan yang didirikan ayahnya, tokoh pengusaha nasional HM Aksa Mahmud 50 tahun silam di Makassar. 

Subhan menjadi pemegang tongkat estafet kepemimpinan Bosowa dari kakaknya Sadikin Aksa pada tahun 2022. Sebelum Sadikin, Bosowa dikomandani Erwin Aksa yang mencatat sejarah memegang grup usaha besar dari tangan pendiri.

Masih punya waktu balap? "Sesekali. Harus menurunkan berat badan beberapa kilo nih," katanya menjawab pers dalam acara silaturrahmi yang berlangsung dalam suasana akrab dan santai, Kamis (15/6/2023) di Makassar. 

Subhan Aksa, lahir di Kota Makassar 11 Oktober 1986, anak kelima dari pendiri Bosowa Aksa Mahmud dan Hj. Ramlah. 

Di awal serah tahun 2023, Bapak Subhan Aksa telah memberikan gebrakan perubahan pada ulang tahun Bosowa ke-50 dengan melaunching logo dan seragam baru untuk Bosowa. 

Logo baru perusahaan tersebut merepresentasikan matahari yang terbit dari timur untuk Indonesia dengan tagline Building a Better Future. Demikian pula visi dan misi perusahaan yang dikendalikannya, membangun masa depan yang lebih baik. 

Subhan Aksa memiliki sejumlah prestasi dalam kariernya. Alumnus Univesity of Hertfordshire, Reino Unido ini pernah membawa PT Bosowa Berlian Motor menjadi dealer terbaik di Indonesia pada tahun 2022.

Juga berhasil menjadikan Bosowa Edukasi sebagai perguruan tinggi peringkat keempat yang menghasilkan guru besar terbanyak pada 2022. Lebih dari itu, Bosowa Edukasi menghasilkan jumlah judul pengabdian masyarakat terbanyak.

Karier Subhan Aksa yang biasa dipanggil Bos Ubang di internal Bosowa Group sudah terbilang matang. Meskipun anak pendiri dan adik kandung CEO, ia memulai dari level bawah. Ia mengawali kariernya sebagai Assistant Project Manager PT Semen Bosowa Indonesia (2007-2008). 

Dia lalu menjabat sebagai Direktur Utama PT Bosowa Berlian Motor (2009-2023). Kemudian menjadi Komisaris PT Semen Bosowa Indonesia (2015-2018).

Subhan Aksa juga pernah diangkat sebagai Komisaris PT Bank Bukopin Tbk (2018-2020), bersamaan dengan jabatan barunya selaku Wakil Direktur Utama PT Semen Bosowa Maros (2018-2023).

Meski menduduki jabatan-jabatan penting perusahaan, Subhan juga tetap melakoni hobinya. Ia penggemar berat olahraga otomotif, khususnya reli. Hobinya ini sama dengan hobi sang istri Allida Alexandra Nurluthvia lebih dikenal sebagai Alexandra Asmasoebrata

Sejumlah prestasi gemilang pernah diraihnya. Subhan mendapat peringkat 5 dunia kategori Productions World Rally Championship (PWRC) 2012 dan runner-up kejuaraan PWRC di Acropolis, Yunani pada 2012. Untuk tingkat nasional ia naik ke podium sebagai juara pada tahun 2009, 2010, dan 2012.