Delapan Kecamatan di Makassar Kekeringan, Darurat Air Bersih

Warga Tamalanrea Makassar harus membeli air bersih akibat wilayahnya yang kekeringan sejak Agustus 2023 - (foto by dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA. ID, Makassar- Delapan Kecamatan Makassar terdampak kekeringan akibat fenomena El Nino. Warga yang tinggal di delapan lecamatan tersebut pun kini mengalami darurat air bersih.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mencatat 8 Kecamatan di Kota Makassar yang masuk radar darurat air bersih yakni Tamalanrea, Ujung tanah, Biringkanaya, Bontoala, Panakkukang, Tallo, Manggala, dan kecamatan Makassar.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar, Ahmad Hendra menegaskan melihat kondisi El Nino yang belum juga usai kemungkinan besar wilayah terdampak kekeringan masih akan bertambah.

"Kita sangat bergantung terhadap cuaca, apalagi hari ini fenomena El Nino belum berakhir sehingga potensi bertambahnya wilayah yang terdampak kekeringan bisa terjadi," ucapnya, Selasa (19/9/2023). 

Kepala BPBD Makassar juga mengatakan  4 Agustus lalu, beberapa.kecamatan di Kota Makassar ditetapkan sebagai wilayah darurat air bersih.

"Dari 25 mobil armada pengangkut air, kita telah menyalurkan air bersih di 8 kecamatan yang terdampak seperti," bebernya.

Hendra mengimbau bagi masyarakat yang tinggal di daerah yang kekeringan, tak perlu risau. Pasalnya BPBD terus mendistribusikan air bersih pada setiap kecamatan yang terdampak, agar masyarakat tidak terlalu terbebani dengan membeli air setiap saat. 

" Semoga dengan adanya pendistribusian air gratis kepada warga dapat mengurangi bebanya dan semoga tidak ada oknum yang memanfaatkan hal tersebut dengan menjual kembali air gratis yang kami distribusikan " tutupnya. 

Laporan: Ardi Jaho