Sekdis Kebudayaan Makassar Raih Gelar Doktor di UMI Makassar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sekertaris Dinas Kebudayaan Kota Makassar Muhammad Fadli meraih gelar Doktor di Universitas Muslim Indonesia Makassar, Kamis (31/08/2023).

Muhammad Fadli resmi menyandang gelar doktor ke-505 di Program Studi Doktor Ilmu Manajemen UMI, dengan judul disertasi "Pengaruh Motivasi Kerja, Kecerdasan Emosional dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Melalui Prestasi Kerja Pada Dinas Perpustakaan di Sulawesi Selatan".

Ia menerangkan disertasi penelitiannya diharapkan mampu diimplementasikan dalam pengembangan dan kemajuan kebudayaan, sebagai salah salah program dari Dinas Kebudayaan agar berkembang serta pelestarian budaya dikota Makassar dapat lebih terarah.

"Tentu saja apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat bagi dinas kebudayaan dalam hal ini sebagai tempat saya bekerja, yang dimana hasil penelitian saya ini bisa diimplementasikan dalam pengembangan dan kemajuan kebudayaan kota Makassar, bagaimana pelestarian budaya dikota Makassar bisa lebih terarah, termasuk budaya membaca yang ditangani oleh Dinas Perpustakaan, " jelas Sekdisbud Muhammad Fadli.

Ia menambahkan penelitian tersebut dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari dan bisa menjadi bahan dalam meningkatkan kinerja.

Berkat penelitian tersebut, Muhammad Fadli berhasil meraih gelar Doktor dengan predikat "sangat memuaskan" karena mampu menjawab dan mempertahankan disertasinya dengan sangat baik dari para 6 penguji, 2 Ko-Promotor, 1 Promotor, dan 1 Ketua Sidang.

Selain itu, Direktur Pascasarjana UMI yang merupakan Ketua Sidang, Sufirman Rahman, berharap gelar doktor yang diraih pria kelahiran Barru tersebut dapat memberikan kontribusi yang besar bagi masyarakat.

" Yah tentu pada Muhammad Fadli dengan gelar doktornya adalah tetap ditengah-tengah kepegawaiannya sebagai ASN, sebagai alumni ditengah-tengah masyarakat maka senantiasa mencerminkan visi dan misi UMI yaitu berilmu Amaliah, beramal Ilmiah, berakhlakul Karimah," ungkap Sufirman Rahman.

Dalam Ujian promosi terbuka ini, Direktur Pascasarjana UMI Makassar Prof Dr Sufirman Rahman bertindak sebagai ketua sidang. 

Sidang terbuka Promosi Doktor ini berlangsung di lantai 3 Gedung B Pascasarjana UMI, yang dihadiri oleh istri, anak, dan keluargannya, turut hadir juga rekan kerja Dinas Kebudayaan Kota Makassar.