DPRD Sulsel Dorong Disdag Lakukan Operasi Pasar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Beberapa pekan terakhir lonjakan harga telur di sejumlah daerah terus meningkat secara signifikan bahkan tembus kisaran Rp62.000 per rak.

Menyikapi hal ini Legislator Sulsel, Irwandi Natsir meminta pemerintah provinsi khususnya Dinas Perdagangan (Disdag) Sulsel untuk melakukan upaya preventif.

"Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh pemerintah provinsi adalah rutin melakukan operasi pasar, untuk memastikan tidak ada permainan, supaya harga kembali normal," ujarnya usai ditemui di ruangan Fraksi PAN, Kamis (1/8/2022).

Ia juga heran terkait tingginya harga telur yang dijual di pasaran yang kenaikannya mencapai 50 persen dari harga normal. Sehingga menurutnya dengan dengan adanya kebijakan pemerintah dapat mendorong harga di pasaran kembali normal.

"Pemerintah mesti melakukan pertemuan dengan beberapa distributor telur untuk mencarikan solusi,sehingga hal tersebut bisa ditekan, dan kembali dengan harga semula," pungkasnya.

Anggota Komisi B DPRD Sulsel itu juga menambahkan meski harga sejumlah komoditas pangan lainnya sudah mulai menurun namun tidak demikian dengan telur yang harganya kian hari terus naik. Karena itu kedepannya perlu dilakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) membahas hal ini.

"Memang harga telur saat ini naik di seluruh wilayah Indonesia terkhusus di Sulsel, dan kalau kita mencermati semua harga pangan turun kecuali telur, apabila terus mengalami kenaikan secara drastis, nanti kita panggil dinas terkait untuk RDP," tambahnya.

Laporan: Ardi Jaho