Kaukus Parlemen Sulsel Beri Fasilitas Kesehatan di Lapas Perempuan

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Sulsel memberikan fasilitas kesehatan kepada warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Senin (26/12/2022).

Bakti sosial tersebut dipimpin langsung oleh ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari didampingi Ketua Kaukus parlemen DPRD Sulsel, Rismawati Kadir Nyampa, Andi Nurhidayati dan Haslinda. Mereka diterima langsung oleh Kalapas Yohani Widayati serta disambut baik oleh warga binaan.

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyemangati warga binaan untuk menata kehidupan yang lebih baik lagi.

"Kepada semua warga binaan Lapas untuk tetap semangat dan menjadikan ini sebuah pelajaran hidup untuk bisa menata kehidupan yang lebih baik lagi kedepannya setelah bebas nanti," ungkapnya kepada CELEBESMEDIA.ID.

Kunjungan ini merupakan bentuk kepedulian kepada warga binaan yang berada di Lapas tersebut, dengan memberikan fasilitas pelepasan alat kontrasepsi.

"Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kesehatan warga binaan karena kami mendapatkan aspirasi bahwa ada warga binaan perempuan yang belum pelepasan alat kontrasepsi seperti susuk dan spiral," tuturnya.

"Sebenarnya sudah seharusnya dilepaskan namun karena tidak adanya peralatan yang memadai sehingga kami fasilitasi dengan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi sehingga bisa ditindaklanjuti," tambahnya.

Andi Ina menambahkan sebagai warga binaan perempuan yang juga sudah menjadi ibu untuk tidak berkecil hati selama berada di dalam Lapas.

"Hal tersebut harus dijadikan sebagai motivasi hidup dan mengasah kemampuan dengan skill yang dimiliki diantaranya pelatihan kerajinan tangan, pembuatan kue dan roti dan kegiatan lainnya sebagai modal jika sudah usai masa tahanan," tutupnya.

Laporan: Ardi Jaho