Basarnas Isyaratkan Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi Diperpanjang

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Operasi pencarian korban Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi 02 yang tenggelam di perairan Selat Makassar telah memasuki hari ketujuh atau hari terakhir pada Jumat besok  (3/6/2022). 

Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi menyatakan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemprov Sulsel apakah menghetikan waktu operasi pencarian atau menambah tiga hari.

"Kemungkinan ada penambahan tiga hari kedepan hanya kami mau koordinasi dengan bapak gubernur,(Andi Sudirman)," ujar Djunaidi di Posko Basarnas Sulsel Pelabuhan Paotere Makassar, Kamis (2/6/2022).

Djunaidi mengatakan setelah melakukan koordinasi dan disepakati maka operasi pencarian korban KM Ladang Pertiwi akan diperpanjang akan dilanjutkan.

"Kalau memang perlu ditambah kami akan tambah 3 hari. Kesimpulannya nanti besok pagi kita melihat untuk penambahan karena besok adalah hari ketujuh atau hari terakhir (operasi pencarian jika sesuai S.O.P)," terangnya.

Langkah itu, menurut Djunaidi, diambil sebab di hari keenam ini pihaknya kembali menemukan dua korban meninggal di perairan dekat Pulau Pamantaung Pukul 16.30 Wita. 

"Itu merupakan tanda-tanda bahwa apabila tenggelam dia akan naik ke atas dan kita sudah mencari permukaan air," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Basarnas Sulsel, Djunaidi mengatakan dua korban meninggal kembali ditemuk. Mereka berjenis kelamin laki-laki dan perempuan namun identitasnya belum diketahui.

"Hari ini perkembangan kami temukan korban lagi dua orang korban laki-laki dan perempuan yang sudah tidak dikenali lagi wajahnya," ucap Djunaidi di Posko Basarnas Sulsel Pelabuhan Paotere Makassar, Kamis (2/6/2022).

Dari total 50 korban, 34 sudah ditemukan. Dimana korban selamat ada 31 orang dan 3 dinyatakan meninggal dunia. Sehingga masih ada 16 korban yang belum ditemukan hingga saat ini. 

(Laporan: Darsil Yahya)