3 Fasilitas yang Ada di Lorong Wisata

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Lorong Wisata (Longwis) menjadi program  prioritas Pemerintah Kota Makassar.

Lorong Wisata merupakan transformasi dari lorong garden yang sebelumnya telah digalakkan.

Tercatat ada sekitar 8.000 lorong di Kota Makassar. Lorong ini dihuni 25.799 rumah, dan populasi warga sebesar 110.920 orang, dari 30.770 Kepala Keluarga.

Jumlah yang fantastis tersebut tentu saja, menjadi potensi dan peluang terbentuknya peningkatan ekonomi mandiri di kalangan masyarakat lorong. Inilah yang melatarbelakangi terciptanya Lorong Wisata di Kota Makassar.

Lorong Wisata tidak hanya menjadi destinasi wisata. Ada beberapa fasilitas yang disiapkan pemerintah di longwis.

1. Lorong Ramah Anak

 Lorong Ramah Anak ini menjadi wadah untuk memberikan hak dan kepentingan Anak serta menjadi wadah perlindungan Anak.

" Di lorong wisata ini juga terdapat Lorong Ramah Anak, yang mewadahi kepentingan anak, dan memberikan perlindungan terhadap anak, dan tentu ini juga berkaitan erat dengan program prioritas Walikota Makassar yaitu program Jagai Anakta', " Jelas Tim Ahli Walikota Makassar Naidah Naing saat menjadi narasumber dalam program Makassar Today's Dialogue, pada Jum'at (4/8/2023).

2. Lorong Pendidikan

Melalui program Lorong Wisata, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar berjanji akan menuntaskan persoalan anak putus sekolah. Khususnya yang tinggal di lorong.

Hal itu sejalan dengan program strategis Revolusi Pendidikan Semua Harus Sekolah.

Dinas pendidikan mendata anak-anak yang putus sekolah yang ada di Lorong Wisata. Nantinya dilanjutkan lewat program Seribu Beasiswa Anak Lorong. 

Disdik mendata dan mencari anak lorong yang berprestasi baik secara akademik maupun non-akademik yang menjadi prioritas penerima bea siswa.

3. Lorong Budaya

Selain lorong anak dan lorong pendidikan, Pemkot juga menggalakkan lorong budaya dengan menggelar ragam Atraksi Budaya di Lorong Wisata.

Ada juga beragam UMKM yang menyajikan beragam kue dan makanan tradisional. Tercatat ada sekitar 114 Jenis kue khas yang tersebar di longwis, 86 jenis makanan khas, dan 24 jenis minuman yang dapat dinikmati oleh pengunjung atau wisatawan yang datang di Longwis ini.

Rencananya pemerintah kota Makassar akan mengembangkan sekitar 992-997 Lorong Wisata baru di tahun 2023 ini.

Sedangkan 1.095 longwis di tahun sebelumnya telah rampung dikembangkan  di tahun 2022 lalu.

Laporan: Riski