ACT Sulsel Salurkan Bantuan Kepada Pengungsi di Wamena

Relawan ACT menghibur anak pengungsi dari Wamena saat tiba di Makassar / foto: dok FTI UMI

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel terus memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak krisis kemanusiaan di Wamena, Papua. Tim berhasil masuk ke Wamena dan memberikan layanan mulai dari pemberian makanan dan minuman, layanan kesehatan, psikososial, dan berbagai kebutuhan dasar pengungsi.

Head of Marcom ACT Sulsel, Catherin Imran, mengatakan, pihaknya telah mengirimkan bantuan ke Wamena menggunakan pesawat. Bantuan yang dikirim berupa bahan makanan seperti beras, susu, minyak goreng, mie instan, gula, dan berbagai jenis makanan ringan. Selain itu juga perlengkapan mandi maupun perlengkapan bayi dan wanita//

Kantor ACT Sulsel di Jalan Sultan Alauddin, Makassar, saat inipun menjadi salah satu lokasi tempat pengumpulan bantuan bila terdapat warga yang ingin menyalurkan bantuannya.

Diberitakan sebelumnya selain pemberian bantuan, pihak ACT juga memfasilitasi pemulangan warga dengan menggunakan pesawat komersil. Pengungsu Wamena tiba di Makassar yang dibiayai oleh ACT berjumlah 159 orang dalam dua kali penerbangan.

Selain itu, ACT bersama relawan FTI UMI dan TBM FK UMI serta MRI melakukan pelayanan kepada pengungsi yang tiba di Makassar baik melalui Hercules maupun kapal laut. Pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan serta pembangian makanan siap santap.