12 Jam Dampingi Ibunya, SYL Langsung Bertolak ke Jakarta

Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo meningfalkan kediaman orang tuanya Jalan Haji Bau, Rabu (11/10/2023) malam - (foto by Rusmawandi Rara)

CELEBESMEDIA.ID, Makasar - Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) langsung bertolak ke Jakarta usai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkannya sebagai tersangka dugaan korupsi, Rabu (11/10/2023) malam.

Kedatangannya ke Makassar untuk menjenguk ibunya yang sakit. SYL meninggalkan kediamannya ibundanya, Nurhayati yang terletak di Jalan Haji Bau Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar pukul 21.25 Wita.

Syahrul yang mengenakan baju putih dan jaket hitam Bandara Sultan Hassanudin untuk penerbangan Jakarta, menggunakan mobil sedan merk Crown 3000cc hitam dengan nomor polisi DD 1990 R. Ia duduk di bagian belakang.

Mantan Gubernur Sulsel ini mendampingi ibunya yang sakit sekitar 12 jam. Keponakan Syahrul Yasin Limpo, Devo Khadafi mengungkapkan kondisi orang tua SYL belum stabil.

"Kondisinya di dalam belum stablil masih naik turun, maklum orang tua sudah 90 tahun," ungkapnya kepada CELEBESMEDIA.ID sebelum SYL meninggalkan rumah ibunya, Rabu (11/10/2023).

Terkait izin kedatangan SYL ke Makassar, Devo menyebut tak tahu. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada KPK.

"Saya tidak tau untuk itu, silahkan nanti ke KPK, saya hanya berurusan dengan ibu saja (Nurhayati Yasin Limpo)," ucapnya.

Kedatangan ke Makassar, kata Devo hanya urusan orang tuanya dan tidak ada pembahasan soal praperadilan terkait kasus yang menimpanya.

"Tidak, murni di dalam hanya urusan ibu yang sedang sakit dan membahas kira-kira apa tindakannya kalau kondisi ibunya lebih memburuk," imbuhnya.

Mengenai penyakitnya, Devo menyebut karena faktor usia. Saat ini ibu SYL, Nurhayati menginjak umur 90 tahun.

"Orang tua yah 90 tahun, jadi kalau dia sudah batuk itu langsung kayak susah napas," ungkapnya.


(Mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo tiba di Bandara Hasnuddin Rabu malam (11/10/2023) - foto by Rusmawandi Rara)

Sebelumnya diberitakan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), batal memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan diketahui sedang berada di Makassar, Rabu (11/10/2023).

Keponakan SYL, Depo Kaddapi membenarkan kedatangan Syahrul Yasin Limpo di Makassar. Ia menyebut sudah berada di dalam rumah orang tuanya.

"Benar, beliau (SYL) sudah ada disini sejak pukul 9.30 WITA dan sudah ada di dalam rumah," ucapnya kepada CELEBESMEDIA.ID saat ditemui di lokasi, Rabu (11/10/2023).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) sebagai tersangka dugaan korupsi berupa pemerasan dalam jabatan.

Penetapan tersangka SYL dikonfirmasi  Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat berbicara dengan awak media di Gedung Merah Putih KPK, Rabu sore.

Laporan : Rusmawandi Rara