Unik, Begini Cara JCH Asal Sultra Menandai Koper Mereka

Bola plastik dijadikan penanda koper oleh JCH asal Sultra agar tidak kehilangan atau tertukar - (foto by Fidar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Banyak cara yang dilakukan Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Hasanuddin Makassar untuk menandai koper mereka.

Sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekah, ratusan koper milik Jemaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Hasanuddin Makassar terlebih dahulu dikumpulkan di Asrama Haji Sudiang Makassar untuk menjalani pemeriksaan oleh pihak PT Garuda dan Beacukai.

Namun ada yang unik pada ratusan koper milik JCH kloter 24 asal Sulawesi Tenggara. Ratusan koper tersebut memiliki gantungan maupun pernak pernik berbagai warna.

Kloter 24 yang terdiri dari 450 orang dengan 65 persen diantaranya merupakan lansia, memasang tanda unik di kopernya. Mulai dari bola teni, kain adat Sulawesi, gelas plastik, boneka hingga ikat rambut.

“Penanda khusus ini untuk mengantisipasi hilangnya koper meski telah diberikan nama dan foto jamaah calon haji. Dengan memasang benda unik ini, kami harap agar kopernya mudah dicari dan tidak tertukar dengan koper jamaah lainnya,” ujar Ketua Rombongan Kloter 24, Saharuddin saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Rabu (24/7/2019).

Rencananya, ratusan koper jamaah calon haji kloter 24 ini akan diberangkatkan lebih awal dari jadwal pemberangkatn JCH ke Jeddah, Arab Saudi, Rabu sore (24/7/2019).


Gelas plastik dijadikan penanda koper - (foto by Fidar)