Jorok, Kanal Jongaya Butuh Perhatian Pemerintah

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Persoalan banjir di kota-kota besar seperti di Makassar masih menjadi momok bagi masyarakat.

Sejumlah daerah di Makassar menjadi langganan banjir jika masuk musim penghujan, seperti Perumahan Kodam 3 Katimbang, BTP, Blok 10 Antang, dan lainnya.

Penyebab banjir di antaranya karena minimnya antisipasi pemerintah dan minimnya kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Salah satunya yang terlihat di kanal Jongaya, Jalan Nuri Baru, kelurahan Bontorannu, Kecamatan Mariso, Kota Makassar.

Pantauan CELEBESMEDIA.ID di lokasi, Kamis (24/9/2022), terlihat disepanjang kanal Jongaya banyak sampah-sampah plastik dan ranting kayu berserakan.

Syamsinar, salah seorang warga mengungkapkan saat memasuki musim penghujan kanal tersebut kerap kali meluap akibat aliran air tersumbat.

"Pada saat hujan deras apalagi di kanal juga biasa ikut naik air ke permukaan, sampai-sampai mengakibatkan banjir, karena banyaknya sampah kiriman dari luar membuat kanal menjadi tersumbat," ujar Syamsinar.

"Kalau masyarakat di sini sudah tidak terlalu buang sampah tapi masalahnya sampah dari kiriman luar yang membuat kanal biasa menjadi tersumbat, banyak sampah tergenang di kanal, kayak got tertutupi membuat lagi tersumbat dan meluap," bebernya.

Selain itu perhatian pemerintah sangat minim dalam melakukan pemeliharaan kanal seperti melakukan pengerukan.

"Pernah ji dulu dikeruk ini kanal untuk dibersihkan, namun beberapa tahun mi ini tidak adami lagi langkah yang dilakukan pemerintah, padahal kalau meluap ini kanal biasa masuk di rumah kasihan," tutupnya.

Laporan: Ardi Jaho