Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan Otak dan Ibu Hamil

Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan (freepik.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ada berbagai jenis vitamin yang memainkan peran penting dalam fungsi tubuh, salah satunya adalah vitamin B kompleks yang tersedia dalam bentuk suplemen dan memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang beragam.

Vitamin B kompleks merupakan kombinasi dari delapan jenis vitamin B yang larut dalam air dan memiliki peran kunci dalam proses metabolisme tubuh.

Kombinasi vitamin B kompleks melibatkan vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 (riboflavin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B3 atau niacin, vitamin B6 atau pyridoxine, vitamin B7 atau biotin, vitamin B9 atau folat, hingga vitamin B12 (cobalamin).

Berikut adalah manfaat dari vitamin B kompleks bagi kesehatan:

1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Beberapa jenis vitamin B, terutama B12, memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah.

Sel darah merah yang sehat sangat diperlukan untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Kekurangan sel darah merah dapat diatasi oleh vitamin B12 yang mendorong produksi sel darah merah yang memadai.

Selain itu, vitamin B2 dan B9 juga diperlukan untuk pertumbuhan dan produksi sel darah merah, sementara B5 membantu mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh tubuh.

2. Meningkatkan Kesehatan Saraf

Vitamin B2 mendukung kesehatan mata, sistem saraf, dan kulit. Selain itu, vitamin ini dianggap berkontribusi pada konversi makanan menjadi energi dan mendukung fungsi enzim tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Studi menunjukkan bahwa vitamin B, terutama B6, B9, dan B12, berperan dalam metabolisme homocysteine.

Metabolisme homocysteine dapat mengurangi risiko penurunan kognitif dan demensia, memberikan dukungan bagi kesehatan otak.

4. Meningkatkan Kadar Testosteron

Vitamin B kadang-kadang dimasukkan dalam suplemen peningkat hormon testosteron karena diyakini dapat meningkatkan kadar testosteron pada pria.

Meskipun perlu penelitian lebih lanjut untuk mendukung klaim ini, vitamin B membantu dalam pengaturan hormon, yang dapat berkontribusi pada keseimbangan hormon pria dan wanita.

5. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Vitamin B kompleks memberikan manfaat khusus bagi ibu hamil dan menyusui. Vitamin ini mendukung perkembangan otak janin dan mengurangi risiko cacat lahir.

Selama kehamilan, vitamin B kompleks juga dapat membantu mengelola tingkat energi, meredakan mual, dan mengurangi risiko preeklampsia.***