7 Manfaat Sari Kurma yang Bergizi Lebih dari Buahnya, Pemanis Alami Pengontrol Gula Darah

Manfaat Sari Kurma yang Bergizi Lebih dari Buahnya (foto: freepik.com/author/stockking)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sari kurma, selain buah kurma itu sendiri, juga diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan yang beragam.

Proses pembuatan sari kurma melibatkan rendaman buah kurma dalam air panas, diikuti dengan penghalusan dan penyaringan buah.

Kandungan gizi dalam sari kurma tidak jauh berbeda dengan buah kurma utuh, meliputi antioksidan, vitamin, dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh.

Meskipun kandungan gula alami dalam sari kurma cukup tinggi, konsumsi yang wajar tetap dianggap aman, bahkan untuk penderita diabetes.

Sari kurma memiliki kandungan mineral dan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah kurma utuh, meskipun memiliki kalori yang lebih tinggi karena kandungan gula yang lebih banyak.

Dengan batasan konsumsi yang tepat, manfaat kesehatan dari sari kurma dapat dirasakan, antara lain:

1. Membantu pencernaan dengan kandungan serat yang tinggi, mencegah sembelit, dan menjaga keseimbangan mikrobiota usus.

2. Bertindak sebagai antibakteri alami, membantu melawan infeksi bakteri tertentu.

3. Mengurangi risiko penyakit dengan melindungi sel tubuh dari radikal bebas dan meredakan peradangan, serta menurunkan risiko gangguan pembuluh darah jantung.

4. Membantu mengontrol tekanan darah tinggi dengan kandungan kaliumnya.

5. Menjadi alternatif pemanis alami yang lebih sehat daripada gula putih, meskipun tetap perlu diperhatikan jumlah konsumsinya karena kandungan kalorinya yang tinggi.

6. Berpotensi untuk mengontrol kadar gula darah dengan pengaturan serat dalam sari kurma, meskipun perlu memperhatikan kadar gula yang tinggi.

7. Mencegah penyakit Alzheimer dengan mengurangi peradangan otak dan menghambat pembentukan plak beta-amiloid, yang dapat mengganggu fungsi otak dan menyebabkan penyakit Alzheimer.***