Gelar Akikah, Warga KKSS New York Memelihara Tradisinya

Amir Sumaila, mantan Ketua Ketua KKSS New York, di kawasan 48-48 63 Street, Woodside, NYC - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan, di mana pun berada senantiasa memelihara tradisi-tradisinya. 

Bahkan di New York sekalipun, kota yang dikenal sebagai jantung keuangan dunia karena di sini ada bursa saham terbesar, New York Stock Exchange. 

Momentum perayaan Idul Adha 9 Juli lalu juga digunakan sebagai kesempatan baik untuk bersilaturrahiim. 

Tentu tidak ketinggalan makanan khas Bugis Makassar tersaji setiap ada acara kumpul brrsilaturrahmi. Semua itu dilakukan untuk menghangatkan terus spirit perantauan dan budaya leluhur. 

Usai melaksanakan shalat Idul Adha, Pengurus, warga KKSS, dan beberapa diaspora Indonesia yang berdomisili di sekitar kota New York berkumpul dan bersilaturahmi  di rumah Amir Sumaila, mantan Ketua Ketua KKSS New York, di kawasan 48-48 63 Street, Woodside, NYC. 

"Ini adalah momen yang baik bagi kami," kata Ketua KKSS, Syaiful Hamid, Sabtu 9 Juli 2022.

Mereka berkumpul, bersilaturahmi sekaligus mengadakan syukuran akikah atas lahirnya putra pertama pasangan Muhammad Khadafi Bakrie, Wakil Ketua KKSS New York yang bekerja di salah satu perusahaan di New York dan dokter Flouriza Nabila Yosh.

"Nama bayi adalah Ardanish Makkadafi Bakrie, yang lahir 25 Juni 2022 di rumah sakit Mount Sinai West, New York," kata Khadafi Bakrie, pemilik hajat.  

Muhammad Khadafi Bakrie adalah perantau asal Makassar yang pernikahannya 4 September tahun  2021 di Baldwin, New York, viral di beberapa media di Indonesia. Khadafi Bakrie adalah putra pasangan Muhammad Bakri Daeng Ngawing dan Sitti Fatimah Paddai. 

Acara Akikah dimulai dengan sambutan dan baca doa atas nama keluarga besar KKSS oleh Amir Sumaila, sahibul bait dan pemilik dua masjid di New York.

Acara dilanjutkan dengan gunting rambut oleh beberapa tamu dan undangan sebelum menikmati menu sajian khas ala Sulawesi Selatan seperti coto makassar, burasa, ikan bakar, gulai kambing, plus kue-kue seperti onde-onde, katiri salah, dadar hijau, dll.   

Hadir Syaiful Hamid,  Ketua dan Sekretaris KKSS New York, Sitti Hajar, dan sejumlah Pengurus KKSS lainnya. 

(Laporan: M Saleh Mude, warga KKSS, Mahasiswa Program PhD)