Ketahui Apa Itu ISPA, Penyebab Beserta Gejala Penyakitnya

Apa Itu ISPA, Penyebab Beserta Gejala Penyakitnya (foto: freepik.com)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - ISPA, singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut, adalah infeksi yang menyerang komponen tertentu dari saluran pernapasan, terutama bagian atas seperti hidung, sinus, faring, dan laring.

Infeksi ini menyebabkan gejala seperti batuk, pilek, dan demam, dan mudah menular kepada siapa pun, terutama anak-anak dan lansia.

ISPA bisa terjadi baik pada saluran pernapasan atas maupun bawah.

Contohnya, flu biasa, epiglottitis, radang tenggorokan, faringitis, dan sinusitis adalah infeksi pada saluran pernapasan atas, sedangkan infeksi pada saluran pernapasan bawah bisa disebabkan oleh bakteri seperti Staphylococcus aureus atau infeksi jamur.

COVID-19 juga termasuk jenis ISPA, dan penting untuk segera diperiksa jika mengalami gejalanya melalui swab antigen atau PCR.

Penyebab ISPA umumnya adalah infeksi virus pada saluran pernapasan bagian atas.

Sementara penularannya bisa melalui kontak langsung dengan percikan air liur orang yang terinfeksi atau melalui sentuhan dengan benda yang terkontaminasi.

Gejala ISPA pada saluran pernapasan atas meliputi batuk, bersin, hidung tersumbat, pilek, demam, sakit kepala, nyeri tenggorokan, napas berbunyi atau sesak napas, dan pembesaran kelenjar getah bening.

Sedangkan pada saluran pernapasan bawah, gejalanya dapat berupa batuk berdahak, sesak napas, dan demam.***