Alat Musik Angklung Dan Cara Memainkannya

Alat Musik Angklung Dan Cara Memainkannya (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar- Angklung merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik angklung berupa tabung-tabung bambu yang dirangkai sedemikian rupa dan menghasilkan bunyi apabila digerakkan.

Cara Memainkan Alat Musik Angklung Angklung merupakan alat musik melodis yang menghasilkan bunyi apabila digoyang. Bunyi tersebut berasal dari benturan antara tabung dan bilah bambu yang dirangkai sedemikian rupa. Melansir Rumah Belajar berikut tiga cara memainkan alat musik angklung: 

1. Teknik kurulung atau getar 

Teknik kurulung adalah cara yang paling umum digunakan untuk memainkan angklung. Cara memainkan angklung dengan teknik ini adalah satu tangan memegang rangka angklung sementara tangan lainnya menggoyangkan angklung. Goyangan dilakukan sesuai nada yang diinginkan hingga tabung-tabung bambu yang ada saling beradu dan menghasilkan bunyi. 

2. Teknik cetok atau sentak 

Teknik cetok dalam permainan angklung dilakukan dengan cara menarik tabung dasar dengan cepat menggunakan jari ke telapak tangan. Teknik ini dapat menghasilkan bunyi satu kali saja atau stacato. 

3. Teknik tengkep 

Cara memainkan teknik tengkep tidak jauh berbeda dengan teknik kurulung. Bedanya, pada teknik tengkep salah satu tabung angklung ditahan menggunakan jari agar tidak ikut bergetar.