Alat Musik Ritmis (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Alat Musik Ritmis biasanya digunakan untuk mengatur tempo lagu atau hanya dimainkan sebagai pengiring irama. Umumnya, alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul. Namun, ada beberapa alat musik ritmis yang dimainkan dengan cara digesek atau digoyangkan. 

Berbeda dengan beberapa jenis alat musik seperti piano, gitar dan seruling. Alat musik ritmis ini tidak bisa menghasilkan nada tertentu. Namun, alat musik ritmis ini memiliki peran penting dalam sebuah lagu karena dapat menciptakan harmoni, baik saat dipadukan dengan alat musik lain maupun sendirian. 

1. Drum

Drum hadir sebagai instrumen perkusi yang komplek di dalamnya. Set drum yang sederhana biasanya hanya terdiri dari snare, satu buah set drum dan sambal saja untuk bisa dimainkan.

2. Conga

Alat musik ini berasal dari Afrika dan masyarakat di sana mengenalnya dengan sebutan tambora. Bentuknya menyerupai kendang yang dipasang dengan menggunakan alat bantu dari besi. Conga di masa kini kebanyakan terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass. 

3. Kendang

Tidak hanya alat musik modern seperti drum, kendang juga merupakan contoh alat musik ritmis. Alat musik ini cukup populer di Indonesia dan merupakan alat musik tradisional khas Jawa barat dan Jawa Tengah. Kendang umumnya terbuat dari kayu dengan rongga yang ditutupi kulit sapi. 

4. Gong

Gong merupakan alat musik ritmis yang berasal dari Asia Timur dan Tenggara yang berbentuk piringan logam datar melingkar dan menghasilkan suara dengan dipukul menggunakan palu. Biasanya gong yang menghasilkan nada tertentu dimainkan dengan gong nada tertentu lainnya dalam suasana seperti Gamelan tradisional

5. Tamborin

Tamborin memiliki dua jenis bunyi saat dimainkan. Bunyi pertama adalah bunyi pukulan dari bagian kulit dan bunyi lainnya adalah gemerincing. Jadi bisa dikatakan bahwa alat musik ini bisa dimainkan dengan cara dipukul dan dikocok. 

6. Kastanyet

Alat musik ini memiliki bentuk yang unik yaitu seperti kerang kecil. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan menyatukan dua sisinya seperti tepuk tangan. Karena bentuknya yang kecil, umumnya alat musik ini hanya dimainkan dengan dua atau tiga jari saja. Yakni, jempol, telunjuk dan jari tengah.

7. Marakas

Marakas adalah alat musik ritmis yang juga sudah mendunia dan mampu menghasilkan bunyi yang khas namun sangat meriah. Tidak heran jika marakas jadi alat musik pengiring untuk lagu-lagu yang biasanya akan mengajak kamu atau penontonnya untuk berdansa. 

8. Timpani

Timpani dikategorikan sebagai alat musik ritmis dengan yang menghasilkan suara dengan cara dipukul. Meskipun timpani memainkan peran penting dalam sebuah orchestra, strukturnya cukup sederhana. 

9. Saron

Saron ini terdiri dari 7 batang perunggu yang dipasang pada bingkai kayu. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul layaknya timpani. Stik atau mallet yang menyerupai palu, menjadi alat pukul musik ini. 

10. Cajon

Cajon termasuk salah satu alat musik ritmis. Cajon berbentuk kotak kubus kayu triplek yang sering diduduki oleh para pemainnya. Cara memainkan cajon yaitu dengan memukul bagian permukaan triplek. Sama seperti drum, namun versi ini lebih ringkas dan praktis untuk dibawa-bawa. 

Itu dia beberapa contoh alat musik ritmis dari berbagai dunia.