Plt Gubernur Sulsel Dorong Pemberdayaan UMKM Lewat Bank Syariah

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman memaparkan upaya pemerintah dalam mendorong pelaku UMKM meningkatkan kualitas produksi dengan mengupgrade standarisasi produk.

Tahun depan, kata Plt Gubernur, program ini akan semakin ditingkatkan di seluruh pelaku UMKM di Sulawesi Selatan sehingga para pelaku UMKM memiliki standarisasi produk untuk masuk ke market place.

"UMKM kita sudah lebih dari 1 juta, di tahun 2020 - 2021 kita sudah mengupgrade produk standarisasi untuk sertifikasi dan juga repackaging produk," katanya pada sarasehan industri jasa keuangan bertajuk Peran Industri Keuangan Syariah dalam Mendukung PEN dan Pemberdayaan UMKM di Sulawesi Selatan pada Sabtu (1/5/2021) di Lotus Ballroom Four Foint By Sheraton.

Terkait dengan peran perbankan syariah dalam memberdayakan UMKM, Andi Sudirman, berharap ada program dari Bank Syariah Indonesia (BSI) yang dapat menguatkan sektor-sektor usaha kecil di Sulawesi Selatan.

"Kita berharap ada program produk BSI yang bisa menguatkan kita di sektor-sektor usaha kecil," lanjut Andi Sudirman.

Ia juga mendorong organisasi syariah, seperti Masyarakat Ekonomi Syariah untuk menggenjot klinik Syariah, bisnis syariah dan memikirkan bagaimana bantuan mikro kedepan tanpa bunga untuk Permodalan bagi para pelaku usaha kecil atau calon pengusaha yang baru ingin merintis sebuah usaha.