Jelang Ramadan, Harga 3 Bahan Pokok Ini Naik Di Pasar Terong

Pedagang bawang di Pasar Terong, Makassar - (foto by Ria)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menjamin stok kebutuhan bahan pokok melimpah jelang Ramadan 2019. Termasuk memastikan harganya stabil di pasaran.

Namun faktanya, sejumlah harga bahan kebutuhan pokok di Makassar mengalami kenaikan. Hasil pantauan tim liputan CELEBESMEDIA.ID, Jumat (12/4/2019) di Pasar Terong, sejumlah harga bahan pokok terpantau mengalami kenaikan.

Diantaranya bawang merah, bawang putih dan cabai keriting. Kenaikan harganya pun cukup bervariasi, ada yang naik sekitar Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu per kilogram (Kg).

Seperti halnya harga cabai keriting yang sebelumnya Rp 20 ribu per Kg, namun saat ini naik Rp 3 ribu menjadi Rp 23 ribu per Kg. Sementara harga bawang merah dan bawang putih naik Rp 5 ribu dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per Kg.

Menurut salah satu pedagang, Dian mengatakan harga bahan pangan ini sudah naik sejak seminggu yang lalu dan diperkirakan akan terus naik hingga Ramadan.

“Ada beberapa bahan pokok yang naik harganya, seperti bawang merah dan bawang putih, juga cabai keriting. Ya, kemungkinan naik karena sudah mau bulan Ramadan,” ujar Dian, pedagang yang sudah berjualan selama 10 tahun.

Para pedagang berharap pemerintah segera mengatasi lonjakan harga kebutuhan pokok ini. Pasalnya mereka khawatir, kenaikan harga akan sama seperti tahun lalu yang mengalami lonjakan harga yang tinggi.

“Kami takut saja kalau sama seperti tahun lalu, harga bawang merah itu sampai Rp 50 ribu rupiah per kilo,” pungkasnya.