Tips Latihan Pernapasan Ampuh Atasi Stres

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Salah satu cara meredakan emosi secara cepat yakni mengatur pola pernapasan. Namun sebagian orang tidak mengetahui hal tersebut.

Laman Psychology Today melaporkan dosen di Yale School of Management dan penulis Emma Seppala mengatakan manusia menjalani hidup dengan bernapas. Di antara momen-momen penting tersebut, kita akan mengambil sekitar 20.000 napas sehari.

Ia mengatakan, cara kita bernapas memengaruhi fisiologi, kesejahteraan, dan fungsi kognitif seperti detak jantung, tekanan darah, emosi, dan ingatan, demikian yang dilansir CELEBESMEDIA dari Kantor Berita Antara, Rabu (24/4).

Pola pernapasan memengaruhi fungsi banyak area penting di otak, memengaruhi cara kita memandang dunia, berpikir, memperhatikan, mengingat, dan merasakan. 

Penelitian juga menunjukkan bahwa emosi yang berbeda dikaitkan dengan pola pernapasan yang berbeda. Maka itu seringkali napas terasa cepat saat dan tidak bisa terkontrol saat merasa marah. Sebaliknya, memperlambat ritme napas, terutama embusan napas dapat memulai relaksasi.

Berikut ini tips meredakan emosi dengan latihan pernapasan.

1. Tarik napas hingga paru-paru Anda penuh (misalnya hingga empat hitungan).

2. Saat menghembuskan napas, cobalah menghembuskan napas lebih lama dari saat Anda menarik napas. Idealnya satu setengah atau dua kali lebih lama.

 3. Lakukan ini dengan mata tertutup selama lima menit dan perhatikan efek setelahnya.