Hindari 6 Kebiasaan Ini Agar Saat Puasa Tidak Lemas

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Anda sering merasa lemas saat berpuasa? Hal ini ternyata bisa disebabkan kebiasaan  saat berpuasa yang justru membuat tubuh menjadi lesu.

Tubuh yang lemas saat berpuasa akan menghambat aktivitas termasuk saat beribadah. 

Kementerian Kesehatan membeberkan beberapa hal yang harus dihindari agar tubuh tidak lemas saat berpuasa mengutip akunnm resminya, Rabu (3/4/2024).

1. Makan Berlebihan Saat Buka Puasa

Waktu berbuka menjadi hal yang dinanti-nanti saat menjalankan ibadah puasa. Makan berlebihan akan meningkatkan asam lambung dan membuatmu mual.

2. Melewatkan Sahur

Sahur bisa membantu tubuh tetap memiliki energi dan terhidrasi sepanjang hari. Jadi jika melewatkan sahur, tentu tubuh akan terasa lemas dan tidak bersemangat. 

3. Konsumsi Makanan Berminyak

Gorengan sering menjadi takjil untuk berbuka puasa. Meski enak, gorengan tidak baik untuk kesehatanmu karena memiliki banyak lemak jenuh.

4. Tidak Makan Buah dan Sayur

Kurangnya asupan sayur dan buah saat puasa akan membuat gampang sakit. Buah dan sayuran menjadi pemasok vitamin dan mineral untuk menjaga sistem imun tubuh. 

5. Begadang

Kebiasaan buruk lain yang harus dihindari adalah begadang. Selama puasa, jam tidur tentu akan berubah karena harus bangun saat sahur.

Jika sering begadang, tubuh tidak akan mendapatkan porsi tidur yang cukup. Ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuhmu.

6. Malas Bergerak

Memang saat puasa tubuh malas untuk melakukan apa pun. Namun tetaplah beraktivitas agar badan bergerak sehingga tidak menjadi semakin lemas.